Panduan Untuk Mendapatkan Profit: Jual-Beli Website Di Flippa

Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia flipping site / domain. Saya rasa tutorial singkat ini cukup bagi pemula dan medium untuk memulai harap dicatat; Anda harus mampu membayar setidaknya domain dan hosting, kira-kira $20.Karena sekali lagi saya selalu tekankan, Bisnis Online ataupun offline tetap sebuah bisnis dan seperti layaknya bisnis anda harus menyediakan modal awal. (Keluar uang untuk mendapatkan uang lebih besar)

Menurut saya sebenarnya jual beli website adalah cara yang praktis untuk belajar tentang Internet Marketing, karena jual beli website melibatkan: desain web, pemrograman, server, pembuatan konten, marketing, menemukan produk yang tepat, SEO dll . Jika Anda dapat membangun dan menjual sebuah situs web dan mendapatkan keuntungan, kemungkinan besar Anda juga akan sukses di area IM lainnya.

Website-for-Sale-1

Tergantung pada anggaran/budget Anda ada beberapa cara yang dapat Anda mulai untuk sukses di dunia flippa.

1. Pemula – $20, membeli domain dan menyewa hosting, menggunakan software gratisan untuk membangun situs, dan menggunakan konten Private Label Right (PLR)
2. Medium – $150, membeli domain ber PageRank dan hosting, kemudian anda outsourcing semuanya dari design hingga isi website.
3. Advance – $ 999,999.  membeli situs yang sudah jadi (established), merapikan sedikit kemudian menjualnya.
Untuk awalnya, Pastikan anda menginstall Google Analitycs pada setiap situs yang Anda bangun dan pastikan Anda dapat melacak detail penghasilan untuk situs ini – entah melalui adsense, jasa atau apa pun.

Saya pribadi, jika ingin membeli situs yang sudah jadi namun dengan harga murah biasa ke forum Digital Point (DP), tapi disini Saya tidak akan menjelaskan bagaimana teknisnya membangun sebuah situs, namun umumnya saya menggunakan wordpress. Anda bisa cari video tutorial di Youtube: cara membuat website menggunakan wordpress.

Ada banyak jenis situs yang dapat anda jual dengan mudah dan harga tinggi, berikut beberapa tips untuk anda:

  1. Lakukan riset kata kunci, temukan niche/ceruk yang baik, dapatkan nama domain yang bagus.
  2. Jangan takut untuk investasi membeli software dan belajarlah untuk menggunakannya, setelah mahir tawarkan sebagai jasa layanan di website Anda. Bila sewaktu-waktu Anda bosan tinggal jual website anda di flippa.
  3. Menulis ebook, beli domain, dan jualah ebook anda, jangan lupa untuk membuat sales letter yang menarik, jual website anda ketika penjualan mulai menurun.
  4. Beli domain dengan page rank, tambahkan beberapa konten original dan jual website anda (orang menyukai website yang memiliki PageRank)

Jangan terlalu berharap harga tinggi untuk sebuah situs baru berumur 3 bulan kebawah – Jika anda jual di DigitalPoint Anda paling mendaptkan $50-$90 sedangkan jika anda jual di Flippa Anda mungkin bisa mendapatkan $200-$300 tapi di flippa anda harus membayar biaya listing.

Saya akan merekomendasikan anda memulai di suatu forum2 seperti di NamePros, DigitalPoint karena di kedua forum tersebut tidak ada biaya listing dan saya sarankan anda  menggunakan escrow untuk semua transaksi jual beli website, karena jauh lebih aman daripada menggunakan Paypal.

Untuk situs yang lebih besar (berharga lebih dari $200) saya rekomendasikan untuk selalu menjualnya di Flippa. Karena flippa memiliki traffic pengunjung terbesar untuk market jual beli website dan sebagian besar pembeli adalah kelas kakap dengan uang tunai hingga jutaan dollar di tangan.

flipping-sites

Flippa mengharuskan semua akun terferifikasi, jadi setelah mendaftar maka anda akan di telfon oleh pihak flippa untuk mmasukan 5 digit verifikasi.

Apa yang saya cenderung lakukan, pergi ke Digital Point untuk membeli situs yang di jual murah untuk kemudian saya bagusin lagi dengan menambahkan design atau konten dan dijual kembali di flippa.

Saya juga merekomendasikan anda melakukan beberapa perbaikan di bidang SEO untuk website anda. Anda bisa outsourcing di fiverr untuk seo jika anda merasa kurang ahli di bidang ini. Umumnya situs yang paling banyak laku di Flippa cenderung memiliki organik traffic dan memiliki pendapatan melalui adsense.

Inilah beberapa tips & trik untuk profit di Flippa:

  • Ratusan website di listing di Flippa setiap harinya, sehingga website Anda harus menonjol. Anda harus menjual situs anda, jadi gunakanlah judul menarik dengan nilai jual yang baik seperti contoh ” This Octarendra Website Making $500+ Per Month , 5 Years Old – NO RESERVE”  . Kurang lebih seperti itu, gunakan lah imajinasi anda.!
  • Beli auction upgrades. Jangan pelit, beli listing halaman depan (front page listing!) Anda akan mendapatkan 10 kali lipat lebih banyak pengunjung dan 10 kali lipat kesempatan untuk menjual website anda. Bukan berarti Anda tidak bisa menjual tanpa itu, namun dengan 10x lebih banyak traffic orang yang melihat listing Anda, Saya jamin harga $30 untuk biaya listing front page sangat worth it.!
  • Buatlah deskripsi / Penjelasan tentang website anda sebaik mungkin. Masukan sebanyak mungkin detail rincian tentang keunggulan website anda. Saya juga telah memberikan contoh deskripsi listing di akhir artikel ini.
  • Pastikan Anda transparan dengan statistik – Berikan calon buyer anda akses ke Google Analytics atau awstats (setiap hosting cpanel pasti menyediakan awstats dan juga berikan akses ke histori pendapatan website anda, jika anda kurang nyaman, bisa memberikan buyer yang serius akses ke team viewer atau skype screen sharing.
  • Jika Anda memiliki sumber traffic / sumber pendapatan yang unik – JANGAN PERNAH memberitahukan cara kerjanya kepada orang-orang di lelang walaupun via private message (PM) Karena Anda kehilangan unique selling point Anda.
  • Pembeli di Flippa menyukai page rank & alexa rank. Jadi anda bisa membeli jasa menaikan alexa rank jika alexa rank anda masih terlalu tinggi. (Alexa rank semakin rendah semakin baik kebalikan dari Google Pagerank)
  • Unique – Konten yang unik, desain yang unik dsb akan menambahkan nilai jual lebih kepada pembeli.
  • Tawarkan hosting gratis/Gratis transfer website – Anda juga bisa membiarkan pembeli untuk mengambil alih account hosting Anda atau saran saya belilah paket reseller di Hostgator atau Bluehost dan anda bisa menyewakan ke pembeli $10 dolar /bulan .
  • Berikan insentif untuk BIN (Buy It Now) – Contoh anda bisa menawarkan beberapa artikel gratis, layanan SEO, hosting gratis, after sale support jika harga BIN tercapai.
  • Jangan terlalu khawatir jika website Anda tidak langsung mendapatkan tawaran diawal-awal – Watchlist atau jumlah pengamat juga penting, jika anda mendapatkan watchlist lebih dari 20 sudah sangat baik. Terkadang Orang ingin melihat dulu bagaimana lelang berjalan, dan tidak  ingin membuat tawaran pertama, jadi jika anda memiliki teman di flippa minta mereka untuk melakukan penawaran awal. 😉 Sebagian besar situs di Flippa cenderung terjual dengan harga BIN jadi bersabarlah.
  • Jangan auto-accept bids. Apalagi jika langsung setuju dengan harga BIN Anda. Karena ada beberapa pembeli yang hanya iseng namun tidak berniat membeli. Karena di Flippa jika pembeli tidak membayar maka dibutuhkan waktu dan usaha lagi untuk me listing ulang. Sebelum accepting Bids periksa dahulu profil pembeli seperti: tanggal bergabung, feedback, review dll) dan jika masih ragu anda bisa kirimkan PM kepada mereka untuk mengkonfirmasi apakah tawaran mereka real atau tidak.
  • Patokan harga jual website anda: Umumnya situs dengan organik traffic, usia domain tua dan pendapatan dari adsense akan dihargai berkisar 10-24 bulan pendapatan website tersebut. Jadi bila pendapatan anda $100 per bulan, maka website anda bisa dijual dengan harga $100×24 = $2400 🙂 Namun untuk Situs baru: Biasanya 2-3 kali lipat dari Pendapatan bulanan.
  • Jawablah setiap pertanyaan yang masuk dengan jujur dan cepat, Baik pertanyaan yang berupa komentar di halaman listing anda ataupun pertanyaan via PM, usahakan menjawab pertanyaan yg masuk selambat-lambatnya masih dalam hari yang sama. Karena kita tidak pernah tahu mana pembeli yang serius atau tidak. Gunakan Google Translate jika ada bahasa inggris yang kurang mengerti.

Demikianlah sedikit tips dari saya untuk berjualan website di Flippa. Ingat biasakan kerja cepat, karena kebanyakan orang asing sangat tidak suka membuang-buang waktu. Yang terpenting pastinya segera Action! Karena sebagus apapun sebuah ilmu atau panduan tidak akan ada artinya kalau hanya di baca saja dan tidak action! Lakukan tips2 diatas dan dollar pasti mengalir masuk.

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi saya atau cukup tinggalkan komentar dibawah

Octa Rendra

BONUS: Contoh template yang bisa anda gunakan saat melisting website di Flippa, silakan klik disini

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've work from home, blogging & developing digital product since 2008, I LOVE helping others succeed. Internet is the simples way to earn money, while we can stay closed with ALLAH SWT & our lovely family ! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com