Panduan Lengkap Cara Install, Daftar & Cara Menggunakan BBM di Smartphone Android / Iphone

Setelah melalui beberapa penundaan, Akhirnya pihak Blackberry resmi merilis aplikasi andalannya BlackBerry Messenger (BBM) ke berbagai smartphone yg berbasis Andronid da Iphone IOS.

BBM Untuk Iphone dan Android

Tepat pada hari Senin (21/10/2013) waktu bagian Amerika atau hari selasa di waktu bagian Indonesia Blog resmi Blackberry mengumumkan aplikasi BBM lintas platform telah tersedia di Google Play Store, Apple App Store, dan Samsung App Stores. Ini adalah kabar menggembirakan bagi kita pengguna HP android atau Iphone yang tidak memiliki BBM atau bagi anda yang telah memiliki HP Blackberry tidak perlu lagi membawa-bawa 2 HP, cukup di satu smartphone semua ada dalam genggaman 🙂

Namun demikian dikarenakan banyaknya pengguna yang mendownload applikasi BBM ini, Anda diwajibkan mengantri setelah mendownload dan memasukan email. bahkan menurut pihak resmi blackberry ketika pertama kali dirilis dikarnakan tingginya jumlah peminat hampir saja membuat server mereka Crash! Bahkan menurut kompas dalam 8 Jam, aplikasi BBM Android dan iPhone Diunduh 5 Juta Kali

BlackBerry memang menggunakan sistem antrean dalam mendistribusikan penggunaan BBM di Android dan iPhone. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna yang sangat tinggi.

Sebelum kita mulai masuk ke tutorial cara pakai, perlu diketahui bahwa Aplikasi BBM lintas platform ini bisa digunakan secara gratis HANYA di ponsel Android & Iphone, jadi tidak untuk tablet ataupun Ipad, serta syaratnya HP anda harus menggunakan Android versi 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean) dan untuk  iPhone harus iOS versi 6 ke atas. Jika Operating sistem ponsel anda dibawah versi yg di syaratkan, maka akan muncul kata2 : “Device Not Compatible” .

Jika anda sudah mengecek versi sistem operasi HP anda kita mulai panduan cara install dan penggunaan BBM di Iphone & Android:

1.Download dan install

Jika anda pengguna Android bisa download aplikasi BBM di Google Play Store : BBM Google Play Store

Dan bagi anda pengguna Iphone OS dapat mendownload di Apple App Store : iphonebbm

Cara untuk mendownload aplikasi BBM  ini sama persis dengan cara mengunduh aplikasi2 lainnya. Pengguna hanya perlu menekan tombol “Install”, maka aplikasi akan secara otomatis terunduh.

Waktu downloadnya pun tidak terlalu lama, karena ukuran file instalasi hanya sekitar 13 MB. Jika ingin mengunduh lebih cepat, sebaiknya anda gunakan jaringan WiFi.

 

2. Waiting List – Antre dulu donk 🙂

Setelah proses download dan instalasi selesai, anda sudah bisa langsung masuk ke aplikasi BBM ini. Akan tetapi, saat ini BBM di Android dan iOS baru bisa digunakan oleh orang-orang yang sebelumnya telah mendaftar di situs BBM.com

Namun bila anda seperti saya, pengguna yang belum mendaftar dan baru memasukkan e-mail saat itu akan dialihkan ke laman lain. Isinya memberi tahu agar “menunggu giliran” sebelum bisa mulai memakai BBM di iPhone dan Android.

Cat: Anda boleh memasukan email yang berbeda dengan email blackberry ID anda

Ketika pertama kali dibuka setelah diunduh, BBM akan menampilkan halaman konfirmasi e-mail terlebih dahulu. Dan bagi Pengguna yang sudah mendaftar duluan di situs BBM.com bisa memasukkan alamat e-mail yang dipakai untuk registrasi dan ketika klik tombol next, maka Anda akan  langsung diarahkan ke laman “Sign In”.

Namun, bagi kebanyakan pengguna yang belum mendaftar dan baru saja hendak memasukkan e-mail saat itu akan dialihkan (redirect) ke halaman lain. Isinya memberi tahu agar “menunggu giliran/antrian” (queue) sebelum bisa mulai memakai BBM di HP iPhone dan atau Android anda.

Ketika giliran pengguna yang bersangkutan sudah tiba (berada diantrian terdepan), BlackBerry akan mengirim e-mail dan pengguna diminta kembali mengonfirmasi lewat aplikasi BBM dengan cara mengklik tombol “I got the email”

Menurut pengalaman saya pribadi, waktu “menunggu giliran” ini berkisar antara 45 menit hingga 2 jam. Jika sudah di approve, maka akan muncul layar seperti berikut ini:

4. Wajib punya BlackBerry ID

Untuk menggunakan aplikasi BBM di Android dan iPhone, pengguna harus memiliki akun BlackBerry ID. Dengan memasukkan akun ini, pengguna nantinya akan mendapatkan personal identification number (PIN) baru yang “menempel” ke akun.

 

Jika sebelumnya Anda telah menggunakan ponsel smartphone BlackBerry dan sudah memiliki akun BlackBerry ID, Anda cukup memasukkan detail akun tersebut saat Sign In di aplikasi BBM pada perangkat Android atau iPhone.

Secara otomatis, seluruh isi kontak BBM anda akan ditransfer ke BBM di perangkat Android atau iPhone. Namun perlu diketahui satu BlackBerry ID hanya dapat digunakan pada satu perangkat. Jika satu BlackBerry ID digunakan pada dua perangkat, maka salah satu perangkat tidak akan bisa menggunakan BBM alias BBM nya mati. Jadi jika anda berencana tetap ingin menggunakan ponsel blackberry, dan tidak ingin mentransfer kontak anda ke Iphone atau Android, Maka anda bisa membuat akun BlackBerry ID yang baru, Anda bisa membuatnya melalui perangkat Android atau iPhone. Hal tersebut juga bisa dilakukan melalui tautan link ini.

Namun jika anda memutuskan untuk menggunakan akun Blackberry ID yang lama, saat login di BBM Android atau iPhone, Anda akan mendapatkan PIN dan barcode baru. PIN ini akan selamanya melekat dengan akun BlackBerry ID. Jadi, tidak akan berubah selama Anda menggunakan BlackBerry ID yang sama.

5. Enjoy – Selamat menikmati Aplikasi BBM baru Anda

Setelah memasukkan BlackBerry ID, pengguna sudah bisa langsung menikmati aplikasi BBM ini. Untuk berkirim pesan teks ke orang tertentu, tinggal pilih orang yang dituju di daftar kontak. Broadcast Message pun dimungkinkan.

BBM™ adalah cara terbaik untuk terhubung dan berbagi pesan instan, gambar, dan lainnya secara gratis dan real time

Fitur Group masih ada di aplikasi ini. Namun, anggota dari tiap Group dibatasi hingga 30 pengguna saja. Pengguna bisa menambahkan daftar teman di kontak dengan menggunakan PIN, NFC, barcode, e-mail, dan SMS. Berikut Tampilannya:

Catatan: Jika anda ingin tahu lebih lengkap mengenai BBM For Iphone & Android ini, bisa membaca langsung FAQ resmi di website Blackberry  atau bisa juga anda follow langsung twitter bantuan mereka dalam bahasa Indonesia: https://twitter.com/BlackBerryBantu

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've work from home, blogging & developing digital product since 2008, I LOVE helping others succeed. Internet is the simples way to earn money, while we can stay closed with ALLAH SWT & our lovely family ! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com