Bagaimana Cara Melakukan Trace Route ?

Dalam komputasi, traceroute adalah alat diagnostik jaringan komputer untuk menampilkan rute (jalur) dan mengukur penundaan transit paket di Internet Protocol (IP) jaringan. Sejarah rute tersebut tercatat sebagai waktu bolak-balik dari paket yang diterima dari masing-masing host berturut-turut (remote node) di jalur (path); jumlah waktu rata-rata di setiap hop menunjukkan total waktu yang dihabiskan untuk membuat sambungan . Traceroute di nyatakan berhasil kecuali paket yang dikirim hilang lebih dari dua kali, maka koneksi terputus dan rute tidak dapat dievaluasi. Ping, di sisi lain, hanya menghitung waktu bolak-balik akhir dari titik tujuan.

Jika suatu saat anda disuruh melakukan traceroute oleh hosting Anda, maka anda sudah tahu caranya.

Ini akan menunjukkan cara untuk melakukan traceroute dengan menggunakan Windows 7 . Pada dasarnya langkah2 untuk Windows XP dan Vista juga sama, hanya ada sedikit perbedaan.

 

  1. Pada komputer Anda , klik tombol start .Lalu didalam kolom ‘ Search program & file ‘ Anda ketik ‘cmd ‘ . Ini akan memunculkan command prompt , Seperti contoh gambar berikut:

1

2. Setelah perintah cmd terbuka , Anda ketikkan perintah: tracert yourdomain.com (ganti yourdomain.com dengan account domain Anda yang sebenarnya ) . Lihat Gambar :


Setelah traceroute selesai , Anda harus mengklik kanan pada mouse anda di Window cmd dan tekan ‘ Select All ‘  . Ini akan menyalin hasil ouput ke clipboard Anda , yang kemudian dapat anda berikan datanya ke pihak yang membutuhkan, Lihat Gambar:

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've work from home, blogging & developing digital product since 2008, I LOVE helping others succeed. Internet is the simples way to earn money, while we can stay closed with ALLAH SWT & our lovely family ! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com