Apakah Artikel Atau Content Anda Di Copy Orang Lain?

Apakah ada diantara anda yang pernah di curi artikel atau postingan blognya? di dunia internet ini sangat mudah dan rentan sekali akan pembajakan, baik software , musik, maupun artikel.

Nah kali ini kita akan coba membahas bagaimana cara mengetahui bahwa content atau artikel yang sudah susah payah kita buat di copy – paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan mempublishnya di blog/web mereka. Karena rasanya sebal juga jika kita sudah capai-capai menulis dan dengan seenaknya di copas oleh orang lain. Sebenarnya boleh-boleh saja copy paste asalkan mencantumkan sumber asli dari artikelnya …

Ada 3 cara untuk mengetahui bahwa tulisan kita telah di duplikat oleh orang lain, Cara mendeteksinya sebagai berikut:

1. Copy Scape

cara mendeteksi duplicate content

Copyscape adalah layanan online untuk mendeteksi plagiarisme. Jasa layanan mereka pada dasarnya free / gratis namun hanya untuk jumlah terbatas 100 pencarian per hari, per domain. Anda cukup memasukan link url anda lalu copy scape akan mencari apakah ditemukan duplikatnya. Mereka juga menawarkan layanan berbayar yang lebih maju disebut Copyscape Premium dan Copysentry. Layanan mereka Copysentry secara otomatis akan menscan Internet secara harian atau mingguan, dan akan mengirimkan email setiap kali ada salinan baru dari konten Anda ditemukan.

2. Tak lain dan tak bukan adalah “dewa” nya Internet : Google

Anda juga dapat menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mendeteksi pencurian konten. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan salinan kutipan unik dari posting Anda dan paste ke pencarian Google seperti gambar diatas. Jika cukup unik, Anda juga dapat menyalin judul posting Anda dan sisipkan ke dalam sebuah pencarian Google. Menggunakan teknik ini adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mendeteksi jika seseorang telah menyalin kata demi kata posting Anda ..

3. cara ke tiga ini adalah cara yang saya paling saya sukai, yaitu dengan menggunakan script tynt ~ kita malah akan mendapatkan Backlinks jika seseorang mengcopy artikel kita  😀   Bagaimana caranya?

Anda cukup mendaftar gratis melalui http://id.tynt.com, setelah terdaftar dan login maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Setelah anda setting seperti diatas, lalu anda klik GET Your Script , maka anda muncul seperti berikut:

Lalu tinggal anda copy dan pastekan ke blog anda di antara Head tag atau Body Tag , jika anda menggunakan WordPress seharusnya akan mudah anda temukan di menu Appearance –> Editor.

Jika sudah lalu anda klik tombol Test sampai ada tampilan: “Your Script is Good

Kebetulan themes saya menggunakan Thesis, jadi lebih mudah karena ada Thesis Open Hook plugin:

Cukup Copas script dan klik update -Voila …! Silakan anda coba copy dan paste artikel saya ke microsoft word, atau ke blog anda maka hasilnya akan seperti ini:

link back from stolen content

Asik kan jadi kita tidak rugi-rugi amat, bahkan bisa di bilang untung artikel kita di publikasikan orang dan dapat link Back pula 😀

Lalu pertanyaannya: Apa Yang Dapat Anda Lakukan Bila Anda mendapati Seseorang Mencuri Konten Anda?

Selain beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil, ada juga beberapa tambahan trik dapat Anda gunakan untuk melindungi konten Anda:

1. Hubungi pemilik blog atau website dan dengan sopan meminta mereka untuk menghapus isi artikel yang dicuri. 95% dari waktu ke waktu, langkah ini telah terbukti efektif . Anda dapat menggunakan Whois Lookup dari Domain Tools untuk membantu Anda menemukan blog atau informasi pemilik website’s. Jika langkah ini belum berhasil, lanjutkan ke langkah berikutnya.
2. Hubungi Google dan isi file komplain/keluhan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) . Selain Google akan memberikan kredit kepada situs Anda untuk konten asli, mengajukan keluhan DMCA dapat mengakibatkan di Google sepenuhnya menghapus sebuah blog atau website yang isinya penuh dengan konten curian dari indeks mereka.
3. Hubungi  website perusahaan hostingmya dan ajukan file keluhan Digital Millennium Copyright Act (DMCA) . Hosting perusahaan diwajibkan oleh hukum untuk men shut down/menutup blog atau situs sampai isi yang  dicuri dihapus. Sebagian besar perusahaan hosting terkemuka telah memiliki prosedur untuk menindak lanjuti  keluhan DMCA Anda dengan keamananatau departemen penyalahgunaan mereka.

Terakhir : Seperti orang bijak selalu katakan ” Lebih baik Mencegah daripada mengobati

Jika website anda menggnakan WordPress anda bisa meng install plugin Wp-Copy protect yang berguna untuk menonaktifkan klik kanan pada  mouse atau bisa juga menggunakan plugin Anti Plagiarism . Silakan anda pilih mana yang paling cocok dua-duanya oke dan Gratis kok 🙂

Ada yang mau menambahkan tips & trik nya ?

Octa Rendra

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've work from home, blogging & developing digital product since 2008, I LOVE helping others succeed. Internet is the simples way to earn money, while we can stay closed with ALLAH SWT & our lovely family ! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com