Tips mengganti username dan password speedy

by Octa Rendra · 4 comments

in Tips

Kiat Mengamankan Password Speedy Anda

Hal yang penting dalam suatu koneksi Speedy  internet, seperti halnya koneksi menggunakan produk lainnya adalah username dan password.  Umumnya username dan password ini bisa kita tantukan sendiri, namun untuk kasus Speedy, username dan password awal diberikan oleh providernya.  Jadi bagaimana kita mendapatkan username & password speedy Anda?

Oleh karena itu, karena kita jarang memperhatikan username dan password, makanya seolah-olah kita tidak pernah tahu apa itu username dan password dalam Speedy.  Sebagai informasi, username Speedy adalah nomor Speedy kita diikuti dengan “@telkom.net”, sedangkan password awal kita adalah password yang diberikan pada saat kita melakukan registrasi.  Nomor Speedy adalah nomor yang kita pakai untuk membayar tagihan Speedy kita.  Lembar password bida diberikan oleh petugas customer service atau petugas instalasi.  Lembar password Speedy sangat mirip dengan lembar PIN ATM kita yang diberikan oleh bank.  Bedanya, untuk lembar password Speedy berisikan 12 karakter yang terdiri dari kombinasi angka, huruf besar, dan huruf kecil.

Perlu diingat juga, masa berlaku password kita adalah 3×24 jam setelah diprint oleh sistem.  Jika kita melakukan setting modem diatas 3×24 jam, maka password akan otomatis terblokir dan kita harus meminta kembali lembar password ke Plasa Telkom terdekat :-(.  Jadi JANGAN LUPA untuk meminta lembar password kita kepada petugas yang dtunjuk Telkom.  dan JANGAN JUGA password ini disharing dengan orang lain, TERMASUK KEPADA TENAGA INSTALASI.  Jika username dan password kita dipakai oleh orang lain, maka bisa jadi account kita akan terblokir, karena sistem menganggap password bocor (dipakai akses dari dua / lebih tempat).  Yang  penting disini adalah masakah  keamanan.  Toh, kita juga tidak akan memberikan PIN ATM kita kepada orang lain khan, sama juga dengan username dan password Speedy.

Sebaiknya, kita melakukan ganti password kita (jika memang setting modem dilakukan oleh tim instalasi).  Jadi mintalah diajarin caranya ganti password ke tim instalasi modem.  Untuk kebutuhan ganti password, ada 2 (dua) hal yang perlu dilakukan :

  1. Request Ubah Password Nomor Speedy di link sebelah ini, atau ke Informasi Usage Speedy –> Ingat-ingat password baru ini
  2. Password sebaiknya merupakan gabungan / kombinasi dari angka dan huruf, minimal 6 karakter.
  3. Ubah password yang berada di modem kita dengan password baru.  biasanya hampir kebanyakan modem menggunakan akses ke 192.168.1.1, namun untuk lebih yakinnya, coma masuk ke network properties di komputer kita.  click tab kedua (support) dan catat alamat gateway nya –>  itulah alamat modem kita.  Normalnya instalasi modem adalah tipe DHCP (IP automatis diberikan modem)

Bagaimana jika kita lupa password Speedy?

  • Bisa aja call ke 147, minta password Speedy, tapi hanya akan diberikan 3 (tiga) karakter akhir dari password kita yangtercatat di sistem.  Harapannya kita akan ingat jika di trigger 3 karakter akhir
  • Dateng ke plasa Telkom, dengan membawa tanda pengenal, biasanya akan direset passwrd dan kita akan diberikan lembar password baru,  Tanda pengenal diperlukan untuk verifikasi bahwa Speedy itu atas nama kita.  Petugas tidak akan memberikan / mereser password Speedy jika yang meminta bukan  pemilik Speedy dan / atau pemilik nomor telepon yang ditumpangi Speedy.  Ini juga merupakan satu sistem keamanan password.
  • Tapi, sebelum call 147 ata coba dulu langkah2 ini di rumah dan Komputer sendiri.
    • Masuk ke ip nya modem –> biasanya 192.168.1.1, jika tidak berhasil lihat point network properties diatas, arahkan IPnya pada IP Gateway.
    • Akan ditanyakan username dan password modem (bukan username dan password Speedy) –> biasanya kita malas untuk mengganti password masuk modem, normalnya adalah usename : admin / password : admin.  Jika tidak cocok, coba cari manual book modem Speedy kita atau search di internet.
    • Cari menu di modem yang berisikan konfigurasi Setting kita –> tandanya adalah ada setting VPI, VCI, koneksi PPPoE, dll, termasuk juga username (yang ada @telkom.net) dan password kita (password akan tertulis sebagai *********)
    • Setelah menemukan layar tersebut, click kanan, terus pilih View Source.  akan keluar wondow baru (biasanya notepad) yang berisikan script web.  Cari menu find dan ketikkan” @telkom.net” lalu click OK atau find next.
    • Disitu kita akan menemukan username kita : 1125678987681@telkom.net, Password berada tidak jauh dari username.  silahkan dicari disitu.  mudah koq ketemunya. kalau belum prnah ganti password, maka password pertama kita adalah campuran dari angka, huruf kecil & huruf besar, kalau gak salah ada 12 karakter.
    • Coba username (tanpa @telkom.net) & password untuk cek usage Speedy di : Informasi Usage Speedy.  Jika benar, maka akan keluar informasi pemakaian Speedy kita.  Jika salah, coba dengan kumpulan karakter lain yang ditemukan di view source diatas.
    • Jika sudah benar, mendingan sekalian ganti password saja di link ini juga, biar gak lupa lupa lagi…

Semoga lancar koneksi Speedynya…

Kata kunci pencarian yang masuk untuk artikel ini:

  • cara ganti password speedy (780)
  • ganti password speedy (567)
  • cara mengganti password speedy (538)
  • cara merubah password speedy (446)
  • mengganti password speedy (166)

Article by

I've been addicted working online, blogging, developing since 2008 and LOVE to helping others succeed. Cause the more you make money the more I made money too - is that simple! Follow me on Twitter : @octars

Octa has written 150 awesome articles for us at Informasi Bisnis Online

| Facebook | Google+ | Blog → Marketer Web Host

Silakan Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda:

{ 4 comments… read them below or add one }

agan

om kok di menu modem saya gak ktemu2 ya menu yg ada username nya ,kalo VPI VCI sih ada tp di view source di ctrl F cari telkom ga ada,modem saya d-link

Reply

Andreas Rahardja

sip banget infonya.. ttep berkarya!

Reply

Andreas Rahardja

eh om, terakhir password modem saya di seting adalah 2 bulan yang lalu, jika saya mau mengganti password hari ini berarti akan diblokir ya? Kan udah 3 hari lebih.

Reply

cek cek

gan ane cari pada View Source ane cari pada find kok g ketemu

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: