Stop Membeli & Memasarkan”Produk Sampah” – Kenali Tanda-Tandanya!

Saya yakin sebagian besar dari anda terkubur dengan isi hard disk anda yang kebanyakan isinya adalah produk atau ebook sampah tidak terpakai

Dan saya tidak sedang membicarakan produk lokal di indonesia saja tetapi bahkan produk luar negri atau international secara keseluruhan!

Ada trend yang sangat mengganggu saya akhir-akhir ini terutama dengan launching produk-produk baru di clickbank yang umumnya hanya bagus di sales pagenya saja, berikut beberapa tanda-tanda yang dapat membantu anda mewaspadai produk yang tidak jelas, dan jika Anda seorang affiliate marketer maka tolong jangan anda pasarkan atau promosikan produk-produk sampah, karena akan membuat reputasi anda jelek..

Tanda No 1 : Jika meragukan maka JANGAN Membelinya

Sebuah teknik copywriting bisa sangat efektif karena memancing psikologis pengunjung agar melakukan pembelian dan inilah yang biasa disebut “Blind Offer”. Sebuah penawaran buta ini – Anda tidak tahu persis apa yang Anda dapatkan sampai setelah Anda membeli. (seperti beli kucing dalam karung)

Jika isi sales letter suatu produk lebih banyak memberitahu Anda apa yang BUKAN dari pada apa isi produk itu sendiri maka ini salah satu ciri2 blind offer!

Contoh:

Bukan pay per click, Bukan pay per sale , bukan adwords, bukan cpa, bukan facebook bukan ini dan bukan itu.. maka Anda harus waspada dengan tipe penawaran buta seperti ini!

Jika sebuah halaman sales letter menjelaskan Anda akan mengeksploitasi kelemahan suatu produk atau metose tertentu… tetapi tidak memberikan sedikit pun petunjuk dari produk ataupun metode mereka sendiri maka ini adalah salah satu penawaran buta – Blind offer !

Jika Anda tidak tahu persis apa yang Anda peroleh, dari segi isi training pelatihan maupun ebook maka… Ini penawaran buta – Blind Offer.!

Dan jika anda perhatikan di clickbank sedang marak sekali produk-produk seperti itu biasanya di bandrol dengan harga $37 – $77 😉

Jadi intinya jangan pernah tergoda untuk membeli ataupun mempromosikan jenis penawaran / produk / training yang menyesatkan calon konsumen!

 

Tanda no 2: Jika menjanjikan suatu terobosan atau otomatisasi, maka perlu diwaspadai

Trend di clickbank akhir-akhir ini adalah metode yang menjanjikan Terobosan dalam mendatangkan traffic pengunjung. Memang bagi dunia online traffic adalah urat nadi karena tanpa traffic pengunjung tidak akan ada penjualan. 2 bulan terakhir ini saya sudah melihat setidaknya 3 produk sejenis yg baru dirilis:

Produk # 1 – “Terobosan dalam mendapatkan traffic pengunjung” yang menggoda dan dikatakan traffic secret yang sebenarnya sama sekali bukan terobosan ataupun rahasia – melainkan suatu pelanggaran ilegal  dari Facebook Term Of Services (TOS). Dan sudah pasti ada unsur blackhat yang jelas-jelas beresiko..!

Produk # 2 – “Traffic loophole” atau “terobosan traffic” yang katang menggunakan tehnik PPV atau Pay Per View- dan sebenarnya PPV adalah tempat yang bagus untuk mencari traffic pengunjung website anda  dengan biaya yang cukup murah dan andapun bisa menghasilkan uang dari traffic pengunjung yang datang. .kedengarannya bagus bukan? Akan tetapi Masalahnya – anda harus menaruh deposit $ 1,000 (Rp 10 juta) terlebih dahulu agar dapat diterima dalam jaringan Pay Per View itu, barulah kemudian anda bisa milau beriklan PPV.. Anda tidak percaya ? silakan kunjungi salah satu PPV network Trafic Vance untuk dapat beriklan di sana anda harus deposit $1000 dahulu hehehe 😉 dan di sales letter mereka sama sekali tidak  disebutkan fakta tersebut.

Produk # 3 – “Traffic Secret” TIDAK sama sekali bukan rahasia. Itu forum marketing, Ezine artikel marketing dan beberapa sumber traffic dari situs media sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube. Jadi anda mulai bisa memahami bukan mengapa mereka harus membuat sales page yang menyesatkan.. Karena jika mereka jujur maka tidak ada seorang pun yang akan membeli produk tersebut. Karena kita semua tahu bahwa sumber traffic tersebut sama sekali bukan rahasia! (Alias rahasia umum) :p

Sekarang Saya akan memberitahukan anda logika sederhana dari yang disebut Traffic Secret atau Traffic loophole atau terobosan dalam mendatangkan traffic pengunjung: Jika saya memang benar-benar menemukan suatu terobosan traffic yang katanya maha dahsyat apalagi dengan sekali tekan tombol, maka saya tidak akan menjualnya sedemikian murah $37 atau $77 😀 minimal saya akan menjualnya $250 keatas !

Lalu Bagaimana dengan Otomatis ?
Jangan percaya mereka … KECUALI jika mereka menunjukkan demonstrasi berupa video bukan hanya screen shoots yg bisa dengan mudah dipalsukan. Otomatisasi adalah kata yang powerful dan benar-benar dapat membuat Anda tergoda  ingin membeli!  Itulah sebabnya mengapa Anda telah melihat begitu banyak produk yang dirilis menggunakan headline : Otomatis , Instant dsb.

Masalahnya – tidak ada yang namanya otomatis dan instan! kecuali jika anda menggunakan tools atau servis seperti Autoresponder. Jadi jangan percaya dengan sesuatu yang berbau otomatis dan instan HANYA karena judul headline mereka mengatakan itu. HANYA percaya akan otomatis jika mereka menunjukkan demonstrasi dari otomatisasi produk/tools tersebut pada halaman penjualan/sales page. Walaupun otomatis tetap saya yakin tidak Instant pasti minimal memerlukan beberapa settingan di depannya.

Tanda no 3: Banyak Up selling

Apakah yang dimaksud Upsell ?

up-selling‘ adalah teknik penjualan yang mendorong pelanggan untuk membeli barang-barang lebih mahal, upgrade, atau add-ons dalam upaya untuk membuat penjualan lebih menguntungkan. Jadi Intinya
Untuk membujuk pelanggan untuk membeli lebih dari pada yang dia butuhkan atau niatkan sebelumnya.

Memang tehnik tersebut sangat menguntungkan dari sisi penjual namun dari sisi konsumen tentu saja sangat mengesalkan! Sales page yang tadinya mengatakan bahwa dengan hanya $37 kita sudah bisa memiliki “Seluruh dunia” (saking lebay nya 😀 ) ternyata di belakanya kita dipaksa membeli produk tambahan atau add-ons jika ingin sukses dengan lebih cepat jika ingin kaya 1000 kali lipat dsb.

Kesimpulan dari tehnik up sell :

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan tehnik up selling ini asal dilakukan dengan cara-cara yang jujur dan beretika bisnis serta memang dapat memberikan keuntungan atau manfaat yang nyata bagi konsumen (win-win solition)

Tanda no 4 – Dukungan Support!

Berikut sesuatu yang menyenangkan dan biasa saya lakukan untuk mengetest customer services pada saat peluncuran produk baru. Submit Support Tiket dan tanyakanlah pertanyaan sederhana tentang produknya sebelum Anda membeli. Lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan respon tanggapan.

Bersiaplah untuk terkejut! 🙂  Karena terkadang CS bisa sangat buruk pelayanannya! (hanya mau uangnya saja)

Sering terjadi Orang membeli produk – dan tidak mendapatkan link download. bahkan ada yang sampai 4 hari atau lebih  dan mereka masih belum mendapatkan produk yang telah mereka bayar lunas.! Jika hanya permintaan link download yang begitu sederhana bisa sampai 4 hari lebih maka bisa anda bayangkan bagaimana jika kita request refund ? 😛

Kenyataannya banyak sekali vendor yang kurang memperhatikan pentingnya customer care, umumnya mereka hanya mengutamakan bagaimana membuat sales page , email copy autoresponder, proses launching, mengelola affiliate, Jv partner dan seterusnya..

Padahal jika suatu perusahaan atau vendor menyediakan Customer service yang baik dan responsif maka pelanggan bisa bertahan lama karena mereka puas!

Kesimpulan Akhir :

Mudah-mudahan apa yang saya tulis disini tidak menyinggung seseorang (bagi yang merasa) saya hanya berharap orang-orang tidak dengan mudah mengambil keuntungan dari para newbie/pemula dengan menjual produk sampah yang tidak bermanfaat yang ujung-ujungnya hanya menuh-menuhin hard disk saja.

Saya pribadi juga memiliki beberapa produk,jasa serta mempromosikan beberapa affiliate program dan saya akui bahwa saya masih jauh dari sempurna, tapi setidaknya saya berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen dan subscriber saya , karena Saya menginginkan hubungan bisnis  untuk jangka panjang – long term partnership!

Harapan saya dengan membuat postingan artikel ini mudah-mudahan banyak pemula di bisnis internet yang membaca dapat terhindar dari membeli “produk sampah” yang tidak berguna.

Terakhir, jika Anda seorang pakar internet marketing dan pencipta produk atau pernah berniat untuk membuat produk Anda sendiri di internet, silakan lakukan, tapi tolong buatlah produk yang berkualitas. Sehingga dapat memajukan dan mengharumkan dunia IM di Indonesia. Karena Meskipun semua produk sampah tersebut ada yang menghasilkan penjualan tinggi, Namun tingkat PENGEMBALIAN/REFUND mereka sebenarnya DI ATAS 60%. Namun, jika kita menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi pasti memiliki tingkat pengembalian/refund rate KURANG dari 2%.

Jadi silakan Anda putuskan sendiri, disisi manakah anda?

DARK Side or Bright Side ?

 

To Our Success,

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com