Sistem MMM Restart (Baca:Kolaps) Dana Member Terancam Hilang!

Siapa yang tidak kenal dengan skema ‘investasi’ Manusia Membantu Manusia alias Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) yang katanya bisa kaya mendadak karena saling bantu tanpa harus bekerja?

Sistem MMM ini memang saya akui sangat unik, penciptanya pun adalah seorang mantan narapidana. Ya Sergey Mavrodi sang jenius dibelakang MMM sempat dipenjara selama 4 tahun karena penggelapan financial. Tapi justru kabarnya selama didalam penjara itulah beliau mendapatkan ide untuk menyempurnakan sistemnya.

Pada intinya sistem MMM ini tidak jauh beda dengan sistem old school arisan berantai dimana rekening penampung dana tidak dipusatkan di satu orang atau dipegang oleh admin, Namun disebar ke semua membernya MMM sendiri-sendiri, ini merupakan ide yang sangat bagus, karena tidak ada resiko dibekukan ataupun pelarian dana oleh pihak pengelola, selain itu tidak bisa dianggap ilegal, karena pesertanya secara sadar mentransfer dananya ke para peserta yang lain, begitu seterusnya.. (ibaratnya seperti saling bantu membantu). Bahkan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kepolisian pun juga tidak akan bisa membendungnya karena transfernya ke sesama partisipan yang rekening dan orang2nya pasti akan selalu berbeda-beda.

Semua member di MMM ini memegang kendalinya sendiri dan bukan dikelola secara terpusat. Sistem programming di MMM hanya mengatur wadah komunitas dan jalan mainnya saja supaya tertib dan tidak kacau. Intinya secara singkat adalah begini, partisipan memberi bantuan uang ke rekening acak dengan harapan akan diberi bantuan oleh partisipan lain (secara acak juga) dengan tambahan keuntungan 30% dari total dana awal.Seharusnya para pastisipan juga sadar begitu tidak ada lagi yan mau memberi bantuan maka game over alias permainan selesai, tak perlu disesali uang yang hilang karena memang dari awal Sergey Mavrodi, sudah bilang ini adalah money game alias permainan uang belaka.
Sejak awal memang sudah banyak sekali yang ikut berkomentar mengenai bisnis MMM ini, Mulai dari Kapolri, Pegawai PNS, Kepala OJK rata2 mengatakan senada: “Masyarakat, tolong hati-hati karena kan high risk, high return. Kalau tidak ada yang mengawasi, dia (masyarakat) percaya ke siapa? Siapa yang melindungi? Jangan sampai ketika enaknya dinikmati; (dapat) tidak enaknya, marah-marah,” kata Direktur Direktorat Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK.
Dan Akhirnya Awal bulan september 2014 ini kekhawatiran mereka terbukti
ย 1sergey

Permainan uang yang di Indonesia dipoles menjadi arisan berantai Manusia Membantu Manusia (MMM) itu, di restart. Jadi kurang lebih memberย  lama tidak akan mendapatkan bunga, hanya beku saja. Dan member yg baru saja menyetor katanya nanti bisa ditarik modal pokoknya saja setelah sistem MMM menjadi stabil kembali .

Langkah me-restart sistem itu dilakukan Sergey Mavrodi, pemilik sistem asal Rusia per 29 Agustus 2014.

Namanya juga restart. Permainan dimulai dari nol lagi. Semua anggota arisan, termasuk para manajer harus memulai dengan kegiatan menyetor uang, yang dalam MMM disebut provide help (menyediakan bantuan) atau PH.

Padahal, sebelum mesin di-restart, ada ratusan ribu bahkan jutaan anggota arisan yang sudah menyetor.

Berikut pengumuman soal system restart MMM di situsnya:

YTH para anggota MMM!
Sayangnya, kita harus menyatakan bahwa semua tindakan kami untuk menstabilkan situasi, sama sekali tidak ada hasilnya. Para partisipan mulai panik, dan itu hanya membuat situasi semakin buruk. Panik bisa merugikan struktur keuangan yang lain juga, tidak hanya untuk MMM. Seharusnya tidak sampai kepanikan terjadi, tetapi ketika para anggota mulai panik dan tidak percaya dengan sistem maka semuanya berujung kepada akhir. Tidak ada yang dapat Anda lakukan. Begitulah para bank dan semua sistem keuangan meruntuh.

Penyebab insiden di permukaan. Ini hanyalah kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dan sejumlah faktor negatif. Ada semacam resonansi.

Pertama Ramadhan, ketika semua uang diambil secara massal, dan beban pada sistem telah meningkat berlipat ganda; kemudian keputusan kami yang tidak efektif untuk mematikansistem selama seminggu untuk mengubah peralatan Back Office dan reorganisasi database (tapi semuanya pada waktu itu begitu baik, semua itu begitu halus dan stabil sehingga tidak kepikiran oleh kami kemungkinan konsekuensi negatif!), kemudian kejadian yang paling tidak menyenangkan dengan penipu – jumlah yang mereka ambil sebenarnya kecil, tapi kegelisahan di antara para peserta pada saat itu sudah mulai, kemudian muncul pemimpin-pemimpin yang tidak bermoral denga multiaccount, dan sebagai hasilnya kita sekarang memiliki apa yang kita miliki. Semuanya sekarang harus mulai dari awal lagi.

Dalam satu kata! Dideklarasikan restart. Sistem ini dimulai dari nol. Apa yang itu artinya?
1. Semua Mavro lama (yang diperoleh sampai dengan pengumuman ini) dibekukan. Tidak ada operasi (penjualan, pembaharuan, dll ..) dengan mavro tersebut.
2. Diperkenalkan Mavro baru, yang dapat secara rutin dimbeli, dinjual dan umumnya melakukan operasi apapun dengan Mavro.
3. Segera setelah sistem baru akan bubar, “utang” di bawah Mavro lama secara bertahap akan padam.
(Secara fromal di MMM tidak ada kata utang – semua anggota dari awalnya memperingatkan tentang risiko dan Anda semua diajak untuk masukan jumlah uang yang tidak besar supaya tidak ada tragedi dalam hidup Anda). Ini harus jelas dipahami bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk melunasi utang tersebut.
4. Cabinet akan tetap sama ( tetapi mavro akan dibeku), sehingga strukturnya (konsultan dan referal) akan tetap sama. Kalau restart terjadi, strukturnya tidak berubah dan tetap sama.

Buat sistem baru yang akan mengalokasikan sebagian dana untuk melunasi utang yang lama. Cara lain tidak ada. Tidak ada kekuasaan yang akan mengembalikan uang Anda, hanya Anda sendiri yang bisa melakukannya. Semua bersama-sama Seluruh cerita dengan restart, tentu saja, sangat tidak menyenangkan, tapi tidak begitu mengerikan. Jika Anda berpikir sedikit. Misalnya, di Rusia, situasi seperti ini sudah terjadi. Dan semua hutang kemudian berhasil melunasi. Secara bertahap, tentu saja, tidak segera, tapi – dilunasi. Sistem baru sangat cepat mendapatkan momentum, dan semua Mavro lama dikembalikan dengan profit 10%. Tidak begitu buruk jika Anda mempertimbangkan bahwa di bank profit sebesas ini Anda dapat dalam tahun! Tentu saja di Indonesia, semuanya akan baik-baik saja juga.

Tapi secara umum, lebih baik tidak menunggu, dan hanya berpartisipasi lagi, sejak awal! – Dan semuanya akan kembali secepat mungkin, bahkan dengan keuntungan. Semuanya akan dimulai dari awal, sehingga partisipasi dalam sistem sekarang benar-benar aman.

Jangan buang waktu Anda! Good luck! Bersama-sama kita bisa melakukan banyak hal.

 

Kalau menurut saya pribadi, sistem ini mengincar sifat dasar umat manusia yaitu ketamakan. Karena siapa yang tidak ingin mendapatkan bunga 30% perbulan tanpa kerja? Pastinya kita semua mau.. Walaupun mungkin jauh didalam hati kecil kita juga tahu bahwa program ini adalah skema piramida, arisan berantai atau apapun namanya, toh tetap saja jutaan orang bergabung dengan terus berharap sistem ini lancar terus dan tidak akan kolaps.

Memang secara analisa bisnis yang model beginian yang ikut duluan di depan rata2 pasti sudah pada untung.. atau minimal banget balik modalnya. Saya pribadi tidak munafik sudah beberapa kali tergoda ingin mencoba karna banyak juga teman2 yang kirim email, inbox di FB ngajakin join. Dan saya yakin akan bisa untung di bisnis ini dalam waktu singkat karena ada sistem referal disamping bunga yang 30%. Dan saya memiliki subscriber dan jaringan yang lumayan luas. Tapi entah kenapa mungkin karena satu dan lain hal tidak kunjung bergabung.

Analisa pribadi saya mengapa bisnis MMM ini bisa kolaps:

1. Adanya komisi referral yang kurang lebih 10% dari dana yang referal kita depositkan, berikut rumusnya:

Partisipan Anda melakukan PH 1 = Rp. 10 Juta
Bulan depan dia GH 1 = Rp. 13 Juta
Komisi Referrals anda 10% = Rp. 1.000.000,-

PH 2 = Rp. 10 Juta lagi.
Komisi Referrals anda untuk PH ke 2 adalah = (PH1 + PH2) – GH1 X 10%
Rp. 10 Juta + Rp. 10 Juta – Rp. 13 Juta = Rp. 7 Juta X 10% = Rp. 700.000,-
Jadi Komisi referrals untuk PH ke 2 adalah Rp. 700.000,-

PH 3 = Rp. 10 Juta lagi.
Komisi Referrals anda untuk PH ke 3 adalah = (PH1 + PH2 + PH3) – (GH1 + GH2) X 10%
Rp. 10 Juta + Rp. 10 Juta + Rp. 10 Juta – Rp. 26 Juta = Rp. 4 Juta X 10% = Rp.400.000,-

Nah otomatis komisi referal ini juga ikut menggerus cash flow di MMM. Karna member dengan downline banyak tidak perlu deposit kembali, cukup mengandalkan komisi dari downlinenya saja.

2. Adanya multiple account: Karena di MMM ini max 10 Juta, maka pemain2 besar dengan dana ratusan juta bahkan milyaran rupiah mendaftar multiple akun MMM , Dan parahnya lagi banyak diantara mereka yang mendaftar dibawah akunnya sendiri alias bermain susun-susun bertumpuk per 10 sampai 20 account di antara accountnya sendiri untuk mendapatkan komisi referral 10% ! Jadi mereka rata2 mendapatkan 40% perbulan .. Luar biasa..! Bagaimana tidak kolaps ๐Ÿ™‚

3. Di duga admin ikut mengatur secara tidak langsung transfer uang antara anggota, alias tidak 100% random. Karna saya pernah beberapa kali membaca ketika mereka di suruh transfer, ada yang menggunakan nama Rusia seperti vladimir dsb, Saya menduga itu adalah anak buah dari Sergey Mavrodi yang sengaja di tempatkan di Indonesia dan membuka rekening di sini. karena memang sangat mudah persyaratan membuka rekening bank di Indonesia. Ada fulus semua mulus ๐Ÿ™‚

Bagaimana menurut anda?

Dan lucunya lagi, ketika saya jalan2 ke Kaskus, sudah ada beberpa thread di forum yang menjual akun MMM nya sekian juta

jualan mmm jual mmm

Ada yang beminat beli? ๐Ÿ™‚

Oke itulah sekilas tentang bisnis MMM yang luar biasa booming selama 2 tahun terakhir ini, mari kita tunggu bersama-sama bagaimana kelanjutan restart ini .. apakah akan menjadi hard reset atau mungkin saja akan berubah nama jadi “Manusia Menipu Manusia” ๐Ÿ˜€

Kind Regards,

Octa Rendra

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com