Panduan Membuat Email Autoresponder

Autoresponder atau email balasan otomatis banyak ragam nya. Gmail pun bisa dijadikan autoresponder. Yahoo pun begitu (namun outlook tidak memungkinkan Anda membuat autoresponder). Untuk pembuatan autoresponder Gmail dan Yahoo, cara- caranya akan dijelaskan dibawah ini.

Membuat Autoresponder Gmail.

 

  • Klik kotak “Roda Gigi” (lihat gambar: IMG1- Klik kolom ‘Roda Gigi’).

 

Klik kolom ‘Roda Gigi’

 

  • Kemudian, pada menu drop- down (Menu naik turun), pilih kembali bagian “Setelan” (Lihat gambar: IMG2- Pilih menu Drop down pada kolom setelan).

 

Pilih menu Drop down pada kolom setelan

 

  • Kemudian tarik kebawah kursor slider Anda, hingga Anda menemukan menu “Penjawab dikala libur” (Lihat gambar:  Aktifkan ‘penjawab dikala libur – Vacation Responder’).

 

 Aktifkan ‘penjawab dikala libur’

 

  • Klik bagian “Aktifkan”, kemudian isi bagian judul dan email dengan autoresponder atau email balasan otomatis yang Anda kehendaki (Lihat gambar: IMG4- Tuliskan isi email dan judul email).

 

IMG4- Tuliskan isi email dan judul email
  • Jika Anda ingin kalau email penjawab otomatis itu berakhir pada tanggal tertentu, maka centang kolom “Tanggal Terakhir” , kemudian masukan tanggal berakhir nya email otomatis itu di kotak sebelah kanan nya.
  • Jika Anda hanya ingin mensetting kalau email balasan itu hanya dikirimkan kepada kontak Anda saja, centang kolom “Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya”.

 

Beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan email balasan otomatis menggunakan Gmail:

 

  1. Email yang terkirim hanya satu kali dalam 4 (empat) hari. Jadi, bila hari senin ada teman Anda yang bernama Andi mengirimkan email kepada Anda, dan Anda telah mensetting Gmail Anda dengan balasan otomatis, kemudian Andi mengirimkan email lagi di hari selasa, maka pada hari selasa Andi tidak mendapatkan balasan. Namun, ketika dia mengirimkan email kepada Anda di hari senin (ketika dia pertama kali mengimkan email), maka dia akan mendapatkan email balasan otomatis tersebut. Jika Andi mengirimkan email kembali di hari sabtu (hari ke enam) maka Andi akan bisa mendapatkan email balasan otomatis itu lagi.
  2. Keterbatasan jumlah huruf yang digunakan. Gmail membatasi jumlah huruf nya sebanyak 1.000 huruf saja. Anda tidak bisa mensetting email balasan otomatis dari Gmail menggunakan lebih dari 1.000 huruf.

Membuat Autoresponder atau email balasan otomatis pada Yahoo caranya hampir sama seperti cara mensetting nya di Gmail. Hanya tampilan nya saja yang berbeda. Namun, secara sistem, hampir sama.

Tapi, apabila Anda membuat email balasan pada Outlook, hal ini sangat tidak dimungkinkan. Outlook adalah email yang paling jarang digunakan di Indonesia karena sistem nya terlalu ketat. Sebenarnya mensetting email balasan otomatis pada Outlook/ Hotmail atau Windows Live bisa saja dilakukan. Namun, Anda harus memverifikasi akun Microsoft Anda (Akun Microsoft adalah sebutan dari rangkaian akun Outlook/ Hotmail atau Windows Live) menggunakan nomor HP. Masalah nya yang utama adalah pihak Windows tidak menyediakan pilihan untuk memverifikasi akun Microsoft nya menggunakan nomor HP Indonesia. Hanya ada pilihan “Malaysia”, “Singapura”, “Jepang”, dan negara maju lain nya untuk verifikasi ini. Apabila Anda memiliki teman di Singapura, baru Anda bisa memverifikasi akun Microsoft tersebut dan bisa mensetting autoresponder pada Outlook/ Hotmail atau Windows Live tersebut.

Tidak hanya Gmail dan Yahoo, hampir semua email bisa disetting autoresponder. Cukup lihat di bagian setelan (setting) dan biasanya pilihan untuk mengaktifkan Autoresponder ada disana. Apabila Anda tidak melihat pilihan email disana, maka anggap saja email yang Anda pakai tidak memiliki fitur Autoresponder.

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I’ve been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too – is that simple!
Follow me on :

Copyright @2015 octarendra.com