Hindari Melakukan Kesalahan Yang Sama Dengan Saya!

Beberapa dari anda pengunjung rutin blog ini mungkin menyadari bahwa mulai 2 bulan yang lalu sering terjadi 500 Internal Server Error yang umumnya terjadi bila traffic ke website kita sedang meningkat, berikut tampilannya:

Dan setelah berkonsultasi dengan pihak hosting mereka berjanji memperbaiki hal ini, memang agak berkurang tapi tiap 1 minggu sekali masih suka muncul Internal Server Error tersebut!

SABAR, saya berusaha tetap sabar!

Tapi tggl 24 kemarin terjadi lagi, kali ini Bandwidth saya habis! saya kontak pihak hosting dan mereka menambahkan bandwith dari 4,2 Giga/ bulan menjadi 6,5 Giga perbulan!

Dan terakhir kemarin malam tggl 30 mulai maghrib sampai pada hari ini saya menulis postingan ini bandwidth saya kembali habis sehingga muncul tampilan seperti ini:

 

bandwidth limit Exeeded

HABIS Sudah kesabaran saya 😡

Memang habisnya bandwidth yang kedua kali dalam sebulan ini karena saya memang melakukan back up besar-besaran, dan sudah siap untuk pindah ke Akun Hostgator saya yang notabene Unlimited Bandwidth dan unlimited domain karena saya sudah capek di hosting yang satu ini, mana supportnya juga lama banget, padahal saya membayar di situ bukan gratisan !

Akhirnya tepat jam 8 pagi tadi transfer data saya ke account hostgator completed, saya tinggal merubah name servers dari hosting lokal lama saya ke DNS nya hostgator dan Voila! Octarendra.com kembali online setelah down sekitar 12 jam! Dan kali ini saya yakin web ini akan selalu lancar di akses kedepannya tanpa down dan berbagai error karena uptime di hostgator 99,96%!

Pelajaran penting yang saya ambil hari ini :

1. Jangan tergiur dengan harga murah (selain promo)

Di Saat kita  masih awal-awal main ke dunia online kita biasanya cenderung mencari yang murahan (kalau bisa gratis 😀 )hal ini tidak ada salahnya jika anda hanya membeli ebook dsb, Namun kalau untuk hosting sebaiknya jangan main-main, ambilah hosting yang sudah exis diatas 5 tahun dan kalau bisa sudah punya reputasi dan nama besar!

2. Selalu back up data/konten anda,

karena kita tidak pernah tau apa yang terjadi di masa depan jadi selalu ambil amannya, dan bagusnya lagi jika di hosting berkualitas seperti hostgator dsb mereka melakukan backup mingguan untuk kita gratis! Jadi kalau terjadi apa-apa data kita tetap aman!

3. Website Anda mencerminkan siapa Anda

Jika Anda sering merekomendasikan bisnis ini dan bisnis itu tapi hosting anda sendiri adalah hosting gratisan yang serring error dan tidak bisa diakses apakah menurut Anda pengunjung mau membeli dari apa yang Anda rekomendasikan? Pastinya mereka akan berfikir ulang bukan…

Apalagi jika nama domain anda benar-benar seperti nama anda asli seperti blog ini yang artinya brand anda di dunia online, tentunya akan sangat berpengaruh dengan reputasi kita  jika hosting sering down! Dan memang didunia online ini Reputasi lah yang berbicara karena umumnya 95% orang yg kita temui di dunia online pastinya belum pernah berjumpa langsung (Meet in Person) Untungnya web ini hanya sekedar blogging biasa bukan web e commerce atau toko online! Karena jika toko online sampai down maka sama saja  banyak uang yang terbuang karena pengunjung tidak bisa order!

 

Demikianlah sedikit curhat dan sedikit pelajaran berharga yang dapat saya ambil, semoga apa yang menimpa saya hari ini tidak akan terjadi dengan Anda!

 

Salam Hangat,


 

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com