Google Penguin 2.1 Update – Siapa Saja Yang Terkena Efeknya?

by Octa Rendra · 3 comments

in General, SEO, Tips

Berdasarkan tweet tertanggal 5 oktober 2013 dari Matt Cutts (kepala departemen Webspam di Google) Penguin 2.1 diluncurkan hari ini. Dan mempengaruhi kurang lebih 1% dari hasil pencarian di Google.

 

Jika anda ingin membaca info selengkapnya dalam bahasa inggris bisa mengunjungi blog webmaster resminya Google.

penguin 2.1 ngamukBagi pembaca yang baru mendengar tentang konsep ” Google Penguin “, Pada dasarnya Penguin merupakan bagian dari algoritma pencarian Google yang secara berkala mencari situs yang dianggap kurang berkualitas seperti situs yang menggunakan Spinning Artikel, duplikat konten serta di duga spamming dengan menggunakan software seperti Xrumer ataupun Senuke untuk mencari backlink. Nah jika situs2 berkualitas rendah tersebut terdeteksi oleh alogaritma Google Penguin ini, maka situs tersebut akan terkena penalti alias penurunan rangking, jadi yang tadinya berada di urutan 3 besar pada kata kunci pencarian tertentu menjadi merosot ke halaman 100 google :( akibatnya sudah pasti penurunan traffic yang sangat drastis! beberapa website pribadi saya yang berbahasa ingris pun sudah pernah merasakan dahsyatnya penguin yang satu ini. Bahkan ada satu website yang menghasilkan rutin minimum $100 per hari terkena “hajar” oleh penguin ini.

Sebetulnya ini adalah update Penguin ke 5, Namun dengan menggunakan Penguin 2.1 Spam-??Filtering Algoritma. Lalu website mana saja yang terkena imbasnya…?

Forum2 webmaster kembali ramai membicarakan burung penguin, dan para pemilik situs web sekali lagi mempertanyakan bagaimana sejauh mana Google Penguin 2.1  mempengaruhi situs web mereka ..

Para pakar di Squared Interaktif telah menganalisis 26 website yang dipengaruhi oleh perubahan algoritma untuk menentukan apa faktor yang berkontribusi terhadap situs yang terkena efek .

Salah seorang pakar SEO  yang hingga saat ini telah menganalisis lebih dari 275 situs yang terkena dampak Penguin, mengatakan bahwa ia percaya Google Penguin 2.1 memiliki dampak jauh lebih besar dari update2 Google sebelumnya seperti Google Panda, Hummingbird dan penguin 1.

Apa yang Menyebabkan Sebuah Situs DiHajar Oleh Google Penguin 2.1

efek penguin 2,1

Penguin 2.1 tampaknya telah mengidentifikasi link2 spam yang lebih baru

Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan sebuah situs terkena penalti:

  • Forum Spam : komentar di forum2 dengan menggunakan  exact match anchor text links.
  • Forum bio spam : Biografi pengguna forum yang mengandung  exact match anchor text links .
  • “Do follow” blogs : Blog yang tidak menambahkan tag nofollow kepada link2 yang diposting .
  • Blogroll spam : Walaupun tidak semua blogroll dikategorikan spam namun ada beberapa, jadi hati2 jika anda berniat membeli link blogroll. Teliti terlebih dahulu atau mintalah pendapat pakar SEO.
  • Spammy directories:  Inilah contok web direktori: www.groundanchors.co.uk . Jika situs Anda pernah menggunakan link dari direktori spam di masa lalu , segera kontak admin nya dan minta mereka untuk nofollowed , atau meremove link website anda .
  • Blog Comment spam : Semenjak munculnya tools bernama scrapebox banyak sekali bermunculan komentar2 spam di berbagai blog. Dan dari sekian jenis tipe link nampaknya Google paling menargetkan link jenis ini baik nofollow ataupun dofollow.

 

Tips dan Rekomendasi Recovery dari Google Penguin

Jika akhir-akhir ini Anda melihat penurunan traffic yang cukup signifikan, maka artinya website Anda terkena efek Penguin . Untuk memulihkan , Anda harus melakukan hal-hal seperti membuang link2 yang buruk atau menyewa seseorang di Fiverr untuk membantu anda menghapus backlink spam secara manual. Pengajuan permohonan peninjauan kembali ke Google Webmaster tidak akan membantu, karena Penguin adalah proses otomatis . Sampai melihat bahwa apa yang dianggapnya buruk telah dihapus website Anda tidak akan pulih Jadi anda mesti membuat planning dan  men-download serta menganalisa link2, hal ini bisa dipermudah dengan cara menggunakan tools bernama Market Samurai, yang bisa anda download free trial nya dibawah ini ;
Try Market Samurai For Free!

Berikut adalah lima rekomendasi pakar SEO tentang apa yang harus dilakukan jika Anda terkena dampak Penguin 2.1 :

  1. Memahami bahwa Penguin sangat menargetkan Link spam yang tidak wajar . Jadi percuma menambah artikel/konten baru karena tidak akan membantu pemulihan .
  2. Benar-benar menganalisis profil link Anda dengan menggunakan Market Samurai sekaligus menjaga jangan sampai semua anchor links anda menggunakan exact match keyword (Variasikan Anchor Links Anda) . Itulah yang menargetkan Penguin .
  3. Hapus link tersebut jika Anda bisa , dan disavow link yg tersisa . Jangan melink ke domain yg berkualitas rendah . Jangan mencoba menarget URL tertentu di domain spam .
  4. Pastikan link lebih alami tidak sedang ditambahkan seiring waktu . sejumlah pemilik usaha berpikir mereka dapat memulihkan website mereka dengan menambah backlink secara berkala , namun malah terkena hajar lebih keras selama Penguin 2.1 . Setelah memeriksa profil link mereka , Anda dapat dengan jelas melihat banyak link spam yang ditambahkan.
  5. Bergerak cepat dan agresif . karena para expert mengatakan ada banyak juga website yang pulih selama update Panda , sehingga ada kemungkinan pemulihan sebelum update resmi alogaritma Google berikutnya .

Dan jika anda ingin membaca atau berdiskusi lebih lanjut mengenai Google Penguin 2.1 , berikut 2 forum besar yang saya rekomendasikan yaitu Warrior Forum: http://www.warriorforum.com/adsense-ppc-seo-discussion-forum/852220-major-google-update-penguin-2-1-a.html Dan BlackHatWorld; http://www.blackhatworld.com/blackhat-seo/black-hat-seo/612808-google-update-just-now-10-4-a.html

Bagaimana dengan website Anda? Apakah ada yang terkena efek dari Google Update terbaru ini?  silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda dibawah..

Salam SEO,

Octa Rendra

Kata kunci pencarian yang masuk untuk artikel ini:

  • www octarendra com google-penguin-2-1-update-siapa-saja-yang-terkena-efeknya (1)
"Subscribe to the blog"
Menerima update langsung ke inbox Anda GRATIS setiap artikel baru di terbitkan. Your email address will never be shared

Article by

I've been addicted working online, blogging, developing since 2008 and LOVE to helping others succeed. I also plan to retire young before my age reach 45 (currently I'm 31 years old) CEO & Founder of Autoresponder Indonesia ~ Follow me on Twitter : @octars

Octa has written 147 awesome articles for us at Informasi Bisnis Online

Silakan Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda:

{ 3 comments… read them below or add one }

brillie

Sangat menginspirasi… cara2 mencari backlink lewat artikel marketing, blog komen dll sdh rawan. Makin susah aja untuk bisa jadi top 1 di halaman google.

Reply

Octa Rendra

Yup!

Reply

Lagu Indonesia Terbaru

Postingannya keren banget gan, Tapi maaf
hanya bisa numpang komentar saja hehe

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: