GoJek Membuat Aplikasi Baru Go Busway – Menggandeng Transjakarta

PT Transjakarta akan menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan jasa ojek berbasis aplikasi mobile, GoJek, untuk membuat aplikasi khusus bernama Go Busway sebelum hari raya Idul Fitri tiba pada pertengahan Juli mendatang.

go-jek

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Go-jek dan cara menggunakan nya, bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang ulasan lengkap Gojek.

Menurut keterangan Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih, Go Busway adalah sebuah aplikasi mobile khusus yang nantinya akan berada dalam aplikasi GoJek. Dengan aplikasi tersebut, para pengguna Transjakarta dapat mengetahui letak bus di masing-masing koridor, dan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu bus di koridor-koridor tersebut. Sehingga masyarakat bisa tahu sebelum masuk halte Transjakarta posisi bus yang sesuai kebutuhannya ada di mana, dan akan sampai lokasi terdekat dalam berapa lama. Canggih bukan?

Ahok mengatakan, sejauh ini Gojek memiliki konsep yang mirip dengan smart city Jakarta. Setiap warga bisa memesan ojek melalui aplikasi Gojek. Tak hanya antar jemput, para tukang ojek yang sudah bergabung ini pun dapat menjadi kurir untuk mengantar apa saja yang kita inginkan.

Saat ini Gojek dan Transjakarta sedang melakukan explore partnership dalam hal teknologi. Hal ini dilakukan supaya pengguna Busway dan Gojek lebih mudah merencanakan perjalanan mereka,” Kata CEO PT Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim, melalui keterangan tertulisnya kepada Metrotvnews.com, Senin (23/2/2015).

Menurut Nadiem, jasa ojek dan busway memiliki keterikatan dalam penggunannya. Sinergi ini yang sedang dikembangkan untuk mempermudah pengguna angkutan massal untuk mencapai tempat tujuan.

“Ojek dan Busway adalah komplimen yang paling pas untuk komuter Jakarta. Satu yang menjemput dari rumah, dan Busway untuk perjalanan lebih jauh,” ujarnya.

Terkait integrasi antara Transjakarta dengan Gojek yang telah direncanakan oleh Ahok sebelumnya, Nadiem belum bisa membahas secara detail.  Namun Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Presiden Direktur PT Transjakarta sangat mendukung potensi Gojek dalam memajukan transportasi massal di Jabodetabek.

“Aplikasi ini (Go Busway) juga bisa untuk menghubungkan penumpang jika mau memesan GoJek setelah turun dari bus. Jadi, (jika ingin memesan) GoJek sudah menunggu di JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) terdekat halte tujuan,” kata Kosasih.

Aplikasi Go Busway yang akan terintegrasi dengan GoJek rencananya dibuat khusus untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Kosasih yakin, pembuatan aplikasi tersebut dapat mempermudah penumpang Transjakarta dalam menggunakan jasa angkutan tersebut kedepannya.

“Nantinya kami ingin aplikasi Go Busway juga bisa mengenali pengemudi yang mengemudikan bus kami, sehingga para penumpang bisa memberikan rating terhadap kualitas pelayanan pengemudi kami,” ujar Kosasih.

Pemprov DKI mengaku  tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk bekerjasama dengan GoJek dalam pembuatan fitur Go Busway. Rencananya, fitur Go Busway dapat segera dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone berbasis Android dan iOS pada pertengahan tahun 2015 ini.

Jadi jika anda tinggal di Jabodetabek, Bandung atau Bali, segera download aplikasi Gojek disini, dan masukan kode promosi dari saya: 543001759 sebesar Rp.50.000 yang bisa anda gunakan untuk test drive Gojek 🙂

 

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com