Fenomena HYIP Di Indonesia: Semakin Marak Sekaligus Memprihatinkan

Jika Anda memperhatikan di bisnis online yang sedang tumbuh subur di Indonesia akhir-akhir ini pastilah anda akan menemukan berbagai Iklan HYIP (High Yield Investment Program) Yang kurang lebih artinya adalah bisnis Investasi dengan profit yang luar biasa tinggi sehingga membuat orang sangat tergiur tanpa peduli resikonya..

Padahal bisnis investasi macam ini amat sangat tinggi resikonya, karena pada dasarnya mereka menggunakan sistem Ponzi Scheme  berikut petikan yg saya ambil dari Wikipedia:

[box type=”red”]A Ponzi scheme is a fraudulent investment operation that pays returns to its investors from their own money or the money paid by subsequent investors, rather than from profit earned by the individual or organization running the operation. The Ponzi scheme usually entices new investors by offering higher returns than other investments, in the form of short-term returns that are either abnormally high or unusually consistent[/box]

Oleh karena sumber dana untuk membayar investor lama uangnya diambil dari investor yg baru bergabung, maka pada akhirnya 90% BO HYIP ujung-ujungnya SCAM!

Fenomena HYIP ini saya lihat berkembang pesat 6-8 bulan terakhir dimulai dengan ramainya Just Been Paid yang lalu berganti nama menjadi Profit Clicking dengan promosi dari para member2nya yg luar biasa gencar baik di berbagai blog, iklan baris dsb. Belum lagi di situs2 sosial media seperti Facebook, Twitter ! Rata2 para newbie awalnya tergiur dengan ajakan teman-temannya dengan janji2 manis akan mendapatkan profit segunung dalam tempo sekian hari, sekian minggu atau sekian bulan…!

 Jika Anda sudah berniat untuk terjun ke HYIP berikut sedikit tips yang berguna untuk Anda

Sebelum Anda Memulai Investasi HYIP Perhatikan Hal2 Berikut:

Pahami sebelum bergabung dengan sejumlah situs investasi HYIP terkemuka untuk mengurangi risiko

A. Amati Cermati dan pelajari program yang akan anda ikuti.

B. Jangan serakah, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di program yang sama. Selalu baca terlebih dahulu review2 member yg sudah lebih dulu join (Riset)

C. Bergabung dengan Forum HYIP seperti TalkGold.com, MoneyMakerGroup.com, DreamTeamMoney.com dan banyak lagi.. Google it Jangan Malas! Diforum2 tersebut Anda bisa mempelajari dan membaca reviews/ulasan2 tentang berbagai macam HYIP Program, Sehingga Anda bisa mengetahui kredibilitas setiap program yang ingin Anda ikuti.

D. JANGAN berpartisipasi dalam situs perjudian.

E. Pulihkan pikiran anda setelah kena scam dari program yang Anda ikuti …dan JANGAN terbawa nafsu untuk segera mendapatkan balik uang yang sudah kita invest di scam program, dan tenangkan jiwa dan raga anda dari emosi dan amarah karena itu akan memperburuk anda sendiri…

F. Jangan pernah berinvestasi dalam program yang menawarkan suku bunga yang tinggi atau tidak masuk akal.

G. Untuk deposit awal jangan banyak2, depositlah seminimum mungkin untuk melakukan test. Setelah Anda mulai mendapatkan keuntungan/profit, barulah mulai Anda tingkatkan volume investasi secara bertahap .. Untuk program jangka pendek lakukan invest 2-4 hari saja kalau terbukti membayar dan tinggalkan secepat mungkin kalau sudah profit! Jangan pernah invest lagi di program itu, Karena pastinya akan scam dalam waktu dekat dan akan ada program2 sejenisnya – Kendalikan hawa nafsu kita untuk mendapat profit yang lebih lagi di program itu! Jangan sampai anda terjebak jadi pemain HYIP Gambler

H. Untuk program jangka pendek selalu diingat hindari berinvestasi di hari jumat malam sampai minggu, biasanya program jangka pendek scam di hari 2 tersebut.. Namun untuk amannya lebih baik jika anda tidak invest sama sekali di program2 jangka pendek yg biasanya menawarkan profit tinggi dalam waktu 1 – 7 hari. Lebih aman Invest di program Jangka panjang (diatas 60 hari )

I. Selalu diingat prinsip B E P (Break Even Point) Atau Balik Modal.! Untuk program jangka panjang usahakan agar modal awal kembali terlebih dahulu, dan setelah modal balik silahkan di compound (reinvest) dari hasil bunganya, Namun kalau tidak yakin atau ada tanda-tanda program akan scam segera withdraw terus.

J. Berhati-hatilah terhadap para paid poster terutama di Facebook, Sebagian dari mereka berpromosi karena mereka mempunyai situs HYIP monitor dan sebagian lagi adalah admin dari program itu sendiri..! Kenali rekan2 HYIP di List Friends Facebook anda, Pastikan bahwa teman hyip anda di FB adalah Real bukannnya Antek2 dari admin atau pemosting testimonial bayaran, Oleh karenanya sangat penting bagi Anda berkomunikasi dengan orang2 yang Anda kenal…

K. Di saat ada permintaan pertemanan dalam Fb (add friend) jangan langsung di approve, lihat dulu siapa yang merekomendasikan nya, atau cek profile FB nya dan lihat dia berteman dengan siapa saja.. Apakah banyak diantara mereka yang kita kenal..? Kalau tidak lebih baik di Ignore atau cuekin aja..! Karena rata-rata para hacker melakukan pertemanan sebelum melakukan aksinya..!!

L. Dalam berinvestasi jangan pernah melakukan Hal2 berikut ini :

  • Meminjam uang – Apalagi pinjam dari rentenir.
  • Invest menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari.
  • Jangan pernah meng-investasikan lebih dari 10% – 15% jumlah gaji bulanan Anda.
  • Jangan memakai uang belanja
  • Jangan tinggalkan atau berhenti dari pekerjaan Anda di dunia real/offline hanya demi HYIP
  • Usahakan dalam berinvestasi di HYIP selalu menggunakan uang extra jadi seandainya terjadi hal2 pahit yang tidak diinginkan apalagi sampai hilang kita tidak begitu terbebani.


M. Ada sebagian orang yang memperlakukan HYIP seperti Judi / Gambling. Hindari hal itu karena anda tidak akan pernah berhasil bermain di High Risk Program  jika mengikuti prinsip Gambling. Ingat.. HYIP bukanlah tentang menang atau kalah.! Namun tetap merupakan bisnis yang memerlukan riset serta strategi – Ini sangat penting..!

N. INVEST THE MONEY THAT YOU CAN AFFORD IT TO LOSE…..SUCCESS TO YOU!

=======================================================================



Berikut ini adalah pengalaman investor asing tentang investasi di HYIP dan langkah-langkah untuk mengurangi resiko yang ada sebelum kita bergabung dalam suatu program

Apa yang harus Anda ketahui sebelum bergabung dengan suatu perusahaan HYIP?

Beberapa program memiliki rencana yang cukup baik dan merancang programnya agar mampu bertahan untuk jangka waktu panjang, Sementara program yang lain terlihat seperti cepat bisa mendapatkan uang dari sistem yang mereka terapkan, tetapi sebenarnya itu hanya tipuan saja untuk memancing Investor yang cukup bodoh agar menanamkan modalnya dalam jumlah besar.

Program investasi yang terbaik saat ini umumnya memiliki tingkat suku bunga yang relatif rendah, dan tidak terlalu muluk2. Admin nya juga biasanya terbuka dan dapat dihubungi dengan mudah baik via telfon, chat instant messaging ataupun private message via Facebook. Dan biasanya admin atau tangan kanannya selalu memberikan update tentang perkembangan programnya secara berkala kepada semua member atau investornya baik melalui Email newsletter ataupun Facebook Group. Intinya tidak ada yang di sembunyikan.

Jumlah Investasi: Untuk beberapa program investasi, jumlah terkecil diperbolehkan adalah $ 1,00, $ 10.00, $ 20,00.  Dan Hampir semua program tidak membatasi jumlah maksimal investasinya . Namun statistik menunjukkan bahwa program investasi jangka panjang yang membatasi minimal investnya $ 20 atau lebih pada umumnya berjalan baik lebih dari satu tahun.

Laba / Profit: Jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dan waktu untuk mendapatkan keuntungan Anda akan berbeda-beda . Sebagai Contoh; mereka berjanji untuk membayar Anda 2% per hari sampai dengan 365 hari. Ini berarti bahwa Anda akan mulai BEP & mendapat keuntungan dalam waktu sekitar 55 -60 hari (2 bulanan), jika program terus berjalan lancar, Setahun kemudian Anda akan menerima lebih dari 500% dari keuntungan.

Beberapa program ada yang membayar 1% setiap hari selama setahun, program lainnya membayar 25% setiap 3 hari selama 6 minggu. Setiap 3 hari Anda akan mendapatkan 25% ..! Sounds very goodg right? Tapi perlu anda ingat jenis program yang seperti ini memiliki resiko yang sangat tinggi, karena sudah pasti mereka akan sulit untuk mempertahankan Cash Flow nya. Kecuali ada member baru yang terus berdatangan untuk invest, yg sebenarnya uang dari member baru ini untuk membayar profit dari member lama yg artinya PONZI SCHEME !

Risiko: Setiap bisnis online maupun offline pasti ada resikonya! apalagi bisnis investasi high yield yang jelas-jelas artinya  “investments with high rates of return”. Karena Investasi yang kita tanam balik modal beserta profitnya sangat tinggi, Maka RESIKO nya pun SANGAT TINGGI. Ukuran risiko tergantung pada seberapa banyak Anda berinvestasi. Sekarang tinggal bagaimana cara Anda meminimalisir resiko yang ada dengan mengikuti tips2 yang saya buat diatas tadi.

Sekali lagi saya ingatkan: Jangan pernah menginvestasikan sejumlah uang yang Anda tidak sanggup jika sampai Hilang! Apalagi jika uang untuk investasi boleh dari hasil pinjam ke teman atau ke bank . Jika anda pemain HYIP tentunya tahu perusahaan AVO Inc yang baru2 saja scam, Salah seorang investornya sampai BUNUH DIRI ketika mengetahui AVO telah scam dan seluruh uang yang dia investasikan hilang dalam sekejap, Alasannya uang yang dia gunakan hasil dari meminjam ke 7 orang teman dekatnya! Saya juga tahu ada banyak orang yang berinvestasi hingga profit $ 10,000.00, Namun karena keserakahannya, mereka menginvestasikan kembali uang ini ke sebuah perusahaan yang dua minggu kemudian tutup/scam! Maka hilanglah seluruh profit $ 10,000.00 yang telah diperoleh dengan susah payah! Sangat disayangkan keuntungan telah yang diperoleh harus terbuang dengan cara ini.

Ada juga cara lain untuk mengurangi risiko Anda bermain di HYIP. Seperti kata pepatah lama: ” Jangan Menaruh Semua Telur Dalam Satu Keranjang yang sama”. Jadi pada intinya jangan invest gede-gedean di hanya satu program seyakin apapun anda pada program tersebut suatu saat bisa saja terjadi hal yang tidak kita inginkan! Investlah Secara terpisah di berbagai program investasi HYIP yang Anda percaya. Karna jika satu atau dua HYIP Shut Down atau SCAM, Anda tidak akan kehilangan semua uang Anda. Jika kelak Anda memutuskan untuk bergabung di beberapa Program HYIP, Investasi pertama saya sarankan jangan terlalu banyak  sekitar $ 50 – $ 100 sudah cukup untuk awal.

Semoga info ini berguna buat kita semuanya,,,,,HAPPY EARNING 🙂 Selalu gunakan akal sehat dalam berinvestasi bukan hanya memikirkan keuntungan yang besar saja…

 

To Your Success (and Mine),

Octarendra

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com