Bagaimana Cara Melakukan Trace Route ?

by Octa Rendra · 1 comment

in Tutorial

Dalam komputasi, traceroute adalah alat diagnostik jaringan komputer untuk menampilkan rute (jalur) dan mengukur penundaan transit paket di Internet Protocol (IP) jaringan. Sejarah rute tersebut tercatat sebagai waktu bolak-balik dari paket yang diterima dari masing-masing host berturut-turut (remote node) di jalur (path); jumlah waktu rata-rata di setiap hop menunjukkan total waktu yang dihabiskan untuk membuat sambungan . Traceroute di nyatakan berhasil kecuali paket yang dikirim hilang lebih dari dua kali, maka koneksi terputus dan rute tidak dapat dievaluasi. Ping, di sisi lain, hanya menghitung waktu bolak-balik akhir dari titik tujuan.

Jika suatu saat anda disuruh melakukan traceroute oleh hosting Anda, maka anda sudah tahu caranya.

Ini akan menunjukkan cara untuk melakukan traceroute dengan menggunakan Windows 7 . Pada dasarnya langkah2 untuk Windows XP dan Vista juga sama, hanya ada sedikit perbedaan.

 

  1. Pada komputer Anda , klik tombol start .Lalu didalam kolom ‘ Search program & file ‘ Anda ketik ‘cmd ‘ . Ini akan memunculkan command prompt , Seperti contoh gambar berikut:

1

2. Setelah perintah cmd terbuka , Anda ketikkan perintah: tracert yourdomain.com (ganti yourdomain.com dengan account domain Anda yang sebenarnya ) . Lihat Gambar :


Setelah traceroute selesai , Anda harus mengklik kanan pada mouse anda di Window cmd dan tekan ‘ Select All ‘  . Ini akan menyalin hasil ouput ke clipboard Anda , yang kemudian dapat anda berikan datanya ke pihak yang membutuhkan, Lihat Gambar:

Kata kunci pencarian yang masuk untuk artikel ini:

  • ubah trace route di window 7 (1)

Article by

I've been addicted working online, blogging, developing since 2008 and LOVE to helping others succeed. Cause the more you make money the more I made money too - is that simple! Follow me on Twitter : @octars

Octa has written 150 awesome articles for us at Informasi Bisnis Online

| Facebook | Google+ | Blog → Marketer Web Host

Silakan Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda:

{ 1 comment… read it below or add one }

photobooth wedding

terima kasih telah sharing tips yang sangat bermanfaat untuk traceroute, dapat mengetahui routingan jaringan kita

terina kasih

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: