Apakah Website Anda Sudah Mobile Friendly & Responsive?

Mobile friendly

Tahukah anda bahwa Google baru saja merilis algoritma terbaru yang mendukung mobile friendly ?

Berikut pengumuman resmi dari blog google:

Webmaster Level: semua

Ketika kita berbicara tentang pencarian pada perangkat mobile, pengguna harus mendapatkan hasil yang paling relevan dan tepat waktu, tidak peduli apakah informasi tersebut ada pada halaman web mobile friendly atau aplikasi. Karena semakin banyak orang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet, algoritma kami harus beradaptasi dengan pola penggunaan tersebut. Di masa lalu, kami telah membuat update untuk memastikan situs dikonfigurasi dengan benar dan dapat dilihat pada perangkat modern. Kami telah membuat lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan halaman web mobile-ramah dan kami telah memperkenalkan App Indexing ke permukaan konten yang bermanfaat dari aplikasi. Hari ini, kami mengumumkan dua perubahan penting untuk membantu pengguna menemukan konten yang lebih mobile-friendly:

1. Website mobile-friendly di hasil pencarian google (SERP)

mobile-friendly-tag-in-google-serps

Mulai 21 April kami akan memperluas penggunaan kami mobile-friendly sebagai sinyal ranking. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian ponsel dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil pencarian kami. Akibatnya, pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan yang relevan, hasil pencarian yang berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk perangkat mereka.

Untuk mendapatkan bantuan untuk membuat situs mobile-friendly, bisa lihat panduan kami untuk situs mobile-friendly. Jika Anda seorang webmaster, Anda bisa bersiap-siap untuk perubahan ini dengan menggunakan alat berikut untuk melihat bagaimana Googlebot memandang halaman Anda:

*Jika Anda ingin menguji beberapa halaman, Anda dapat menggunakan alat uji mobile-friendly.
*Jika Anda memiliki sebuah situs, Anda dapat menggunakan Akun Webmaster tool untuk mendapatkan daftar lengkap masalah penggunaan mobile di situs Anda menggunakan Mobile Usability Report.

2. Konten aplikasi yang lebih relevan dalam hasil pencarian

Mulai hari ini, kita akan mulai menggunakan informasi dari aplikasi diindeks sebagai faktor dalam peringkat untuk ditandatangani-in pengguna yang memiliki aplikasi diinstal. Akibatnya, sekarang kita dapat permukaan konten dari aplikasi diindeks lebih menonjol dalam pencarian. Untuk mengetahui bagaimana menerapkan App Indexing, yang memungkinkan kita untuk permukaan informasi ini dalam hasil pencarian, kita lihat langkah-demi-langkah panduan di situs pengembang.

Saya pribadi segera mengupgrade theme thesis dari versi 1.8.6 menjadi versi 2.1.9 dan merubah skin menjadi mobile friendly, berikut hasil pengetesan di halaman ini

mobile-friendly dong

Sebagai alternatif anda juga bisa mengecek website anda disini: https://validator.w3.org/mobile/

Dan jika anda ingin mengecek bulk url sekaligus bisa cek di sini: http://www.urlitor.com/mobile

Namun bila anda developer atau pengembang template bisa mengecek seperti apa tampilan themes anda di berbagai device seperti Iphone, iPad, Nokia Lumia, HTC, Samsung Galaxy, Google Nexus

Bisa langsung cek disini: http://mobiletest.me/

mobile test

Meskipun pihak Google belum menerbitkan panduan yang lengkap untuk bagaimana algoritma peringkat baru akan bekerja, namun google menyediakan panduan untuk mobile SEO. Dokumentasi untuk Prinsip Desain Situs Fundamental juga merupakan sumber daya yang besar dengan saran praktis untuk membuat situs Anda menjadi lebih baik bagi pengguna ponsel.

Google juga menciptakan panduan mobile-friendly khusus untuk pengguna WordPress. Panduan ini mendorong admin website agar selalu mengupdate wordpress nya ke versi terbaru serta menggunakan tema yang sudah mobile-friendly.

Jika Anda ingin menguji situs Anda pada berbagai perangkat mobile, browser Google Chrome memiliki “emulasi perangkat mobile” fitur yang dapat ditemukan di bawah “Developer Tools” menu.

Gunakan Tema WordPress Yang Responsive

responsive theme

Dari 3.000 lebih  themes yang terdaftar di dalam direktori resmi wordpress.org, Jika anda filter dengan kata kunci “Responsive Layout” di bawah menu “Features” saat artikel ini ditulis hanya tersedia 947 tema. Namun  tidak semerta-merta bahwa 2/3 dari tema yang ada WordPress.org tidak responsif. Kemungkinan karena themes tersebut telah di tag dengan kata kunci “Responsive Layout”.

Sekarang, untuk mobile-friendly ini, pertanyaan media responsif akan cukup dan itu adalah sangat dasar untuk memenuhi syarat sebagai “mobile-friendly”.

Tidak semua pengembang tema di WordPress.org akan bersedia untuk memperbarui tema dengan layout responsif, karena beberapa dari mereka yang ditinggalkan dan tidak lagi dipertahankan. Jika tema Anda gagal tes ramah mobile Google, perubahan yang paling penting yang dapat Anda buat adalah untuk memperbarui untuk tema dengan layout responsif. Bahkan jika peringkat situs dan SEO tidak penting untuk tujuan Anda, meningkatkan pengalaman bagi pengguna ponsel harus cukup motivasi untuk membuat perubahan.

Gunakan Plugin Mobile – Friendly

Jika Anda tidak ingin mengubah tema Anda, masih ada pilihan lain yang tersedia dalam sistem WordPress. Solusi dari pihak ketiga dapat membantu kita dengan menambahkan fungsi mobile-friendly ke situs Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui WordPress plugin. Beberapa plugin wordpress yang bisa anda gunakan antara lain:

  • Jetpack memberikan pemilik situs fitur ponsel-ramah host WordPress.com dengan situs diri-host Anda.
  • WPtouch adalah solusi Plugin untuk membuat tema versi mobile-friendly terpisah dari situs Anda. Tema desktop Anda akan tetap sama. Bagi pengunjung yg menggunakan perangkat mobile, situs Anda akan ditampilkan dengan tema berbeda yg sudah mobile friendly tentunya.
  • WP Mobile Detector, mirip dengan WPtouch, memberikan beberapa tema yg telah support mobile friendly untuk ditampilkan kepada pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

 

Lalu manakah yang lebih baik? Menggunakan plugin mobile friendly atau merubah themes menjadi mobile responsive?

Kalau saya pribadi lebih memilih merubah themes menjadi responsive, karena Situs yang mobile responsive adalah situs yang dirancang atau di desain khusus untuk dapat di-akses dan digunakan pada semua perangkat seperti dekstop, tablet dan smartphone.

Sebuah situs yang sudah mobile responsive mampu menanggapi kondisi ukuran layar dan mampu menyesuaikan konten sesuai ukuran perangkat. Sehingga website Anda yang dibuka melalui tablet dan smartphone, memiliki tampilan yang sama seperti website pada desktop tetapi ukurannya sesuai dengan ukuran perangkat.

Sementara situs yang mobile friendly hanya dari plugin2 instant memiliki sejumlah kekurangan seperti halaman yang seadanya dan fitur yang menurut saya kurang canggih karena tujuannya hanya untuk memudahkan serta mempercepat pengunjung yang membuka situs dari ponsel.

Intinya web mobile friendly memiliki kesan kaku dan dibuat terpisah dengan induk website dan biasanya hanya terdiri dari beberapa halaman saja. Umumnya widget atau sidebar dan header juga biasanya menghilang jadi terlihat seperti “dipaksakan”

Bagaimana dengan website anda? apakah sudah mobile friendly atau lebih baik lagi jika sudah mobile responsive? jika belum maka sudah saatnya anda melakukan investasi untuk membuat tampilan website anda menjadi lebih mobile friendly, itupun jika anda peduli dengan ranking SEO, karena sejak 21 april banyak sekali situs yang mengalami penurunan ranking karena tidak mobile friendly . Sementara beberapa situs yang sudah merubah tampilannnya menjadi mobile friendly menjadi naik ranking nya.

Salam Responsive,

octarendra.com1

 

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com