Apakah Short Url Tetap Memberikan Backlink Juice ?

Seiring dengan berkembangnya popularitas Twitter dan situs media sosial lainnya, semakin berkembang juga jasa layanan Shortener URL atau pemendek Link url. Hal ini dikarenakan sangat terbatasnya space karakter di twitter untuk berbagi pesan atau status update Anda. Seperti yang kita ketahui di Twitter Anda hanya diizinkan maximal 140 karakter untuk post status update. Nah pada aaat Anda menemukan hal-hal online yang ingin Anda bagi,  kemungkinan Anda akan sering menemukan bahwa beberapa URL terlalu panjang. Kadang-kadang mereka terlalu lama untuk masuk ke dalam status update Anda! Inilah sebabnya mengapa shorteners URL diciptakan: untuk menjadikan URL yang panjang dan menguranginya menjadi URL pendek.

Short URL

Search Engine Optimization Stand Point

Dari sudut pandang SEO Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah Short URL mempengaruhi backlink juice ?

Pastinya Anda ingin URL asli Anda untuk mendapatkan sebanyak mungkin reputasi dan kredit dari links2 yg telah anda share baik di artikel, sosial media, sosial bookmarking, dsb

Jadi, apakah shorteners URL aman untuk digunakan?

Dapatkah penggunaannya diintegrasikan ke dalam strategi SEO saya?

Bagaimana cara kerja URL shorteners ?

Sebelum saya menjawab pertanyaan diatas, saya pikir penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara kerja shorteners URL dari sudut pandang teknis. Seperti yang saya tulis di atas, shorteners URL mengambil URL yang panjang dan membuatnya lebih pendek. Untuk mengarahkan pengguna ke sumber asli dari materi, mereka menggunakan sesuatu yang disebut URL REDIRECT . Nah pada umumnya jasa layanan URL Shortener/ pemendek url menggunakan 2 jenis tipe redirect: 301-redirects & 302-redirects.

 

301-Redirects

Angka “301,” ini sebenarnya mengacu pada HTTP Code, atau kode web, yang dikeluarkan oleh server web. 301 (Moved permanently) – Pada dasarnya, ketika sebuah browser web atau mesin pencari bertemu dengan 301-redirect, web server mengatakan bahwa halaman telah pindah secara permanen ke lokasi baru. Browser atau mesin pencari kemudian akan segera diteruskan. Dari sudut pandang web crawler, ia akan memperlakukannya URL yang sebagai telah diarahkan sebagai lokasi permanen dari dokumen web.

 

302-Redirects

Kode 302-redirect bekerja sedikit berbeda. 302 (Moved temporarily) :TIDAK memberitahu browser atau bot bahwa halaman tersebut telah pindah secara permanen, 302 menunjukkan hanya akan bersifat sementara. Dalam hal ini, web crawler akan terus mengindex URL asli yang dilihatnya sebagai URL singkat.

Dan berikut ini beberapa kode HTTP yang umum digunakan sebagai referensi Anda:

300: Multiple Choices
301: Moved Permanently
302: Found [Elsewhere]
303: See Other
304: Not Modified
305: Use Proxy
307: Temporary Redirect

Dampaknya Terhadap Link Juice

Robot Google hanya tahu tentang langkah permanen halaman web dari URL (disingkat) lama ke yang baru (blog atau halaman web – URL panjang) jika layanan pemendek URL menggunakan kode 301. Ini berarti bahwa backlink tersebut akan dikreditkan kepada Anda atau dimanapun konten host – bukan URL shortener. Tapi jika URL Shortener tersebut menggunakan 302 redirect maka yang akan mendapatkan kredit link juice adalah Jasa Pemendek URL nya, buka web atau blog kita.

Jadi pada intinya jika kita memilih untuk menggunakan jasa pemendek url PASTIKAN anda memilih Short URL yang menggunakan 301-redirect, sehingga website anda tetap mendapatkan kredit atas backlinks yg anda buat.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui jasa layanan pemendek url yang menggunakan 301 redirection ?

Mudah saja, Anda dapat mengunjungi  Rex Swain’s HTTP Viewer, dan masukan shortened URL, centang Auto-Follow dan klik Submit, lihat contoh berikut ini:

HTTP Viewer

Jika kode 301 ditampilkan, seperti dalam kasus di bawah ini, itu berarti bahwa ‘bonus’ backlink telah dikreditkan ke website asli / URL panjang dan bukan ke layanan pemendek URL

Test Redirect

Selain kode redirect diatas, salah satu pertimbangan lainnya dalam memilih jasa layanan pemendek url adalah statistik & Tracking yang lengkap seperti berapa kali url tersebut di klik dsb

Berikut screen shots beberapa jasa layanan pemendek URL / URL Shortener Service Beserta spesifikasinya:

Top URL Shortener

 

 

Kind Regards,

OCTA RENDRA

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com