Apakah Kita Perlu Mengejar Long Tail Keyword?

Dalam postingan kali inisaya akan mencoba mendorong Anda untuk melakukan sesuatu yang diluar kebiasaan & mungkin belum pernah anda dengar dari orang lain… ūüôā Saya ingin anda untuk sejenak melupakanimpian kita. Berhenti meraih bintang.Think Out Side The Box!

Mengapa saya melakukan hal seperti ini? Karena jika Anda membaca postingan ini maka salah satu impian Anda melibatkan sejumlah besar traffic pengunjung yang mengalir dari beberapa kata kunci utama yang Anda targetkan dan telah berhasil masuk peringkat 3 besar di Google, dan pastinya mendatangkan kekayaan dan kesuksesan dalam bisnis Anda.

Sudah waktunya untuk:
Berhenti berpikir besar dan mulai berpikir KECIL!

Seperti yg saya katakan, kali ini sedikit berbeda, quote yg sudah sering anda dengar pasti berbunyi:
stop thinking small and
start thinking BIG
Namun kali ini kita coba balik menjadi:
stop thinking big and
start thinking SMALL

Oke.. Mari kita coba bahas lebih dalam lagi

Sebenarnya Apakah yang dimaksud dengan LONG TAIL KEYWORD ?

Dalam postingan ini saya menyebutkan “Long Tail Profits”. Apakah Anda tahu apa yang saya maksud ketika saya mengatakan “Long Tail”?

Yup Tepat sekali… Saya sedang berbicara tentang kata kunci yang dicari orang di Google.
Tidak ada definisi yang tepat untuk “Long Tail Keyword”, tapi saya cenderung menganggap mereka sebagai kata kunci yang memiliki empat kata atau lebih di dalamnya.

Misalnya, kata kunci berikut ini BUKAN long tail keyword:
Search Engine Optimization
internet marketing
asuransi jiwa

Masing-masing kata kunci diatas mendapatkan banyak pencarian di Google setiap bulannya – 60k, 40k dan 200k pencarian.!

Silakan buang waktu anda untuk mencoba meraih peringkat untuk kata kunci tersebut – NOT GONNA HAPPEN !

Kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan dan memiliki banyak sumber daya serta uang untuk menargetkan kata kunci seperti diatas tadi, Lebih baik Anda menyerah. Karena hanya akan membuang waktu, tenaga dan uang anda saja mencoba bersaing di kata kunci yang maha dahsyat tersebut. Belum lagi untuk maintain di puncak peringkat akan sangat sulit karena sengitnya persaingan keyword tersebut.

Kata kunci berikut ini, adalah contoh yang saya maksud dengan “Long Tail Keyword”:

internet marketing jobs from home
los angeles search engine optimization
30 year level term life insurance rates

Kata kunci ini tidak mendapatkan traffic pencarian seperti yang Short Keyword sebelumnya.

Bahkan kata kunci diatas hanya mendapatkan 170, 210 dan 30 pencarian / bulan nya.

Lalu pertanyaan nya mengapa kita ingin mencoba menarget peringkat untuk kata kunci diatas?

Mari kita bicara tentang itu.

Why Rank For Long-Tail Keywords

 

Seperti saya katakan, Long Tail Keyword tidak mendapatkan traffic sebanyak kata kunci besar. Jadi mengapa kita tetap ingin meraih peringkat untuk long tail keyword ?

Berikut ini 3 alasan mengapa ?

1. Long Tail Keyword lebih mudah meraih peringkat 3 besar karena low competition .
Alasan yang paling jelas Anda ingin menargetkan kata kunci long tail seperti ini adalah bahwa mereka hanya lebih mudah untuk mendapatkan rangking (dan tetap stay di top). Kurangnya traffic pada umumnya berarti kurang kompetisi, yang berarti usaha kita untuk mendapatkan rangking jauh lebih mudah untuk membuatnya menjadi top 3 hasil pencarian (search Results) di Google. Bahkan untuk beberapa Long Tail Keywords Anda tidak perlu mencari backlink sama sekali! Cukup melakukan postingan dengan kata kunci yang ingin anda target (on page SEO)

2. Long Tail Keyword jauh lebih tertarget.
Katakanlah Anda bisa mendapatkan peringkat 3 besar di Google untuk kata kunci “asuransi jiwa” – tahukah anda bahwa ada puluhan jenis asuransi jiwa!
Anda tidak tahu persis apa yang orang tersebut cari dengan hanya kata kunci “asuransi jiwa”. Itu artinya tingkat konversi jauh lebih rendah karena traffic nya saja tidak tertarget. Dengan kata kunci berekor panjang Anda tahu persis apa apa maunya pencari dan dapat memastikan bahwa halaman Anda memberi mereka hanya itu. Ini berarti tingkat konversi yang lebih tinggi. Kurang traffic ya, tapi yang jauh lebih tinggi Nilai Profit Per pengunjung nya (EPV) .

3. Mudah mendapatkan ranking/peringkat untuk beberapa kata kunci sekaligus long tail keyword
Mendapatkan peringkat untuk satu set kata kunci yang sulit mungkin masih dimungkinkan, tapi dua atau tiga atau lebih? Lupakan saja! Tidak demikian halnya dengan Long Tail Keyword. Memiliki tiga atau bahkan lebih  kata kunci secara alami ditenun menjadi isi dari halaman sering mengakibatkan beberapa peringkat. Yang memberikan Return On Investment (ROI) lebih besar dengan waktu dan upaya yg jauh lebih ringan.

Sekarang mari kita sedikit berhitung untuk membuktikan bahwa layak untuk meraih peringkat untuk kata kunci tersebut. Anggap saja Anda menulis satu artikel sehari selama satu tahun = 365 artikel Рdan diposting  situs Anda. Dan katakanlah bahwa setiap artikel yang ditargetkan 3 kata kunci long tail. Bahkan jika Anda hanya mendapatkan rata-rata 20 pengunjung per bulan per long tail keyword, maka traffic anda sudah sekitar 22.000 pengunjung per tahun.!!

Mungkin 22.000 traffic kedengarannya kecil atau tidak seberapa namun jika Anda mulai berpikir tentang bagaimana sangat tertargetnya
kata kunci ini. Tingkat konversi khas untuk sebagian besar produk adalah sekitar 1% Рjadi setiap 100 pengunjung salah satu pengunjung akan membeli apa yang mereka jual. Tapi dengan jenis traffic pengunjung yang super tertarget ini,  Anda dapat mengharapkan tingkat konversi yang jauh lebih tinggi.

Pada umumnya kata kunci super tertarget tingkat konversi nya mencapai 5% atau lebih. Dua puluh dua ribu pengunjung dengan 5% tingkat konversi berarti 1.100 penjualan dalam setahun.!! Jika Anda memiliki produk yang menghasilkan laba/profit bersih $50  Рmaka anda mendapat $ 55.000 per tahun hanya dari  satu produk dan satu website!!
Anda juga wajib menangkap daftar email pengunjung Anda dengan menggunakan Autoresponder karena¬† jauh lebih mudah untuk menjual produk kepada seseorang yang sudah pernah membeli dari Anda. Jika produk anda memuaskan maka apapun yang Anda tawarkan kedepan akan mereka sambar! dan akan terus membeli lagi (dan lagi, dan lagi …) atau repeat customer!

Bagaimana? Apakah Anda mulai melihat mengapa Long Tail Keyword sangat potensial ?

 

Regards,

Octa Rendra

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com