5 Text Editor Terbaik Untuk Windows

Kebanyakan text editor terbaik bisa dijalankan pada semua sistem operasi mulai dari Windows, OS X, hingga Linux dan mendukung berbagai bahasa pemrograman. Inilah yang membuat text editor menjadi fleksibel. Dengan fitur utama, yakni untuk mengetik code dan menjalankan aplikasi inilah yang membuat text editor ringan saat digunakan.

Bagi pemula yang baru belajar coding ada baiknya menggunakan text editor terlebih dahulu. Selain lebih mudah untuk memahami bahasa pemrograman, waktu Anda tidak akan terbuang

1. Ultra Edit

UltraEdit32_dock_icon

Dibandingkan dengan text editor lain yang diulas dalam list ini, UltraEdit memiliki banyak fitur, seperti kemampuan untuk mengubah beberapa baris kode sekaligus, pencarian cepat, dan juga mendukung template kode dan daftar fungsi untuk mempercepat pengetikan kode-kode. Selain itu, UltraEdit juga mendukung koneksi langsung ke jaringan FTP/STP sehingga tidak perlu lagi memasang software tambahan untuk mengedit file yang berada di server.

UltraEdit juga mendukung banyak bahasa pemrograman mulai dari mulai dari bahasa pemrograman untuk aplikasi web seperti PHP, Perl, dan JavaScript hingga bahasa pemrograman desktop seperti C dan C++. Sayangnya, text editor ini bersifat komersial, artinya Anda perlu membelinya dengan harga Rp 940 ribu.

Fitur Ultraedit:

  • Auto Complete untuk XML dan HTML
  • Enkripsi dan dekripsi file
  • Mendukung file berukuran besar hingga lebih dari 4GB
  • Tema bisa diganti-ganti

 

2. Notepad++

nppLogo

Notepad ++ telah hadir di internet untuk waktu cukup yang lama,  ketika pengguna siap untuk meng-upgrade dari Notepad atau Wordpad umumnya mereka pindah ke notepad plus plus. Dengan menggabungkan tampilan yang sederhana dari Notepad atau Wordpad dengan fitur-fitur canggih yang akan membuat developer bahagia. Beberapa dari mereka termasuk tampilan yang dapat disesuaikan dan dapat Anda jadikan sebagai toolbar, peta dokumen sehingga Anda dapat melihat di mana Anda berada dalam pekerjaan Anda setiap saat, antarmuka tab sehingga Anda dapat bekerja di beberapa dokumen, auto -completion dan teks shortening, perekaman makro sehingga Anda dapat menyesuaikan short cut, dan banyak lagi. Anda juga mendapatkan customizable syntax highlighting, text folding untuk membuat agar lebih mudah untuk dibaca dan pilihan yang dapat digunakan untuk meluncurkan aplikasi dengan parameter tertentu, untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Notepad ++ juga gratis namun hanya tersedia untuk Windows saja. Anda bisa download sebagai sebuah aplikasi yang diinstal ke komputer anda, atau aplikasi portabel untuk dijalankan dari flash drive atau layanan seperti Dropbox. Jika Anda masih belum yakin text editor mana yang ingin Anda gunakan, saya sangat menyarankan untuk menggunakan notepad++

 

3. Atom

atom

Menyebut dirinya “text editor abad ke-21,” Atom mendapatkan banyak pujian dan nominasi bulat untuk menjadi editor teks yang dirancang untuk kebutuhan pengembang. Atom dibuat oleh tim di GitHub, dan menggabungkan beberapa pelajaran tim di sana belajar dengan mengelola begitu banyak kode secara teratur. TextEditor ini sangat fleksibel, mudah disesuaikan, dan meskipun relatif baru, namun sudah memiliki banyak pengikut dan ribuan plugin, berkat open API . Atom beroperasi seperti aplikasi asli, dan bahkan paket aplikasi yang disesuaikan sehingga Anda hanya mendapatkan modul yang Anda butuhkan. Ada juga dokumentasi yang lengkap untuk membantu Anda memulai jika Anda membutuhkannya.

Fitur kunci:

  • Gratis dan bersifat open source
  • Terintegrasi dengan Git dan GitHub >
  • User Interface yang menarik
  • Tema bisa diganti-ganti
  • Dokumentasi penggunaan yang lengkap
  • Konfigurasi yang mudah dan bisa langsung digunakan

 

4. Sublime Text

sublimes

Text editor satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Mengingat banyak developer yang telah menggunakan text editor ini. Desainnya cukup sederhana dengan dominasi warna hitam. Dengan fitur tab yang telah diadaptasi text editor lain.

Sublime text mendukung banyak banyak bahasa pemrograman seperti Java, PHP, HTML, C, C++, C#, dan masih banyak lagi. Fitur menarik yang ditawarkan adalah Go To Anything. Dengannya Anda dapat mencari file, simbol, kata, dan baris kode hanya dengan beberapa karakter.

Sayangnya, text editor ini bersifat komersial, artinya Anda perlu membelinya dengan harga Rp 830 ribu. ($70)

Sublime Teks memiliki tab antarmuka sehingga Anda dapat memiliki beberapa dokumen yang terbuka pada saat yang bersamaan. Anda dapat memilih beberapa baris untuk membuat perubahan simultan, menyesuaikan short cut untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri.

Fitur kunci:

  • Tampilan menarik, cepat, dan stabil
  • Fitur Go to Anything untuk navigasi dan mencari file dengan cepat
  • Kemampuan mengubah 10 baris sekaligus
  • Map kecil yang menampilkan keseluruhan kode

 

5. Vim

vim

Vim. Dirancang untuk membawa kesederhanaan Vi untuk semua platform dan orang yang membutuhkan text editor yg dikonfigurasi tapi tidak terlalu berat, Vim merupakan salah satu  Text Editor suci bagi para programmer. Ini bukannya tanpa alasan – Vim cross-platform, gratis, dan sementara itu ditujukan pada programmer yang ingin antarmuka mereka dapat men-tweak dengan keinginan mereka, Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menggunakan vim. Sebaliknya, Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mengkonfigurasinya sehingga bekerja dengan cara yang Anda inginkan. Sekali Anda ingat shortcut keyboard dan perintah Vim akan sangat membantu pekerjaan Anda, didukung puluhan bahasa, dan menyimpan histori tindakan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengulang atau membatalkan mereka, mendukung perekaman makro, secara otomatis mengenali jenis file.

Vim bersifat charityware, artinya daripada membayar untuk aplikasi, tim di belakang Vim menginginkan Anda untuk donasi/menyumbangkan anak-anak yang kurang beruntung di Uganda.

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com