10 Website Tempat Belajar Coding Programmer Terbaik (dan Gratis)

Dengan jaman yang serba digital saat ini untuk belajar ataupun kursus tidak lagi perlu bermacet-macet untuk mengikuti kelas, Namun cukup bermodalkan laptop dan koneksi internet anda sudah bisa mempelajari berbagai bahasa pemograman secara online.

Kali ini saya akan membahas 5 website untuk belajar coding secara online

1. CodeCademy

2015-05-15_132310

Website yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah mahir atau baru belajar coding. Saya pribadi lumayan sering menggunakan Codecademy untuk belajar berbagai macam bahasa pemrograman karena sangat interaktif dan juga menyenangkan.

Menariknya belajar di Codecademy terdiri dari beberapa level. Dan anda “dipaksa” untuk praktek langsung sehingga lebih cepat mahir. Dan kita tidak bisa loncat-loncat level. Misalnya belajar membuat website, di level pertama Anda diajarkan elemen-elemen yang digunakan dalam website. Level selanjutnya Anda mulai belajar coding dasar secara langsung. Anda akan diberikan instruksi-instruksi untuk memodifikasi kode yang telah disediakan. Apabila mendapat masalah atau Anda bingung dalam menjalankan instruksi, tidak usah khawatir karena Codecademy telah menyediakan petunjuk / manual guide yang akan menjelaskan maksud dari instruksi tersebut.

Di website ini, Anda bisa belajar banyak bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, HTML 5, jQuery, Ruby, dsb. Sudah banyak kisah dari para anggota Codecademy yang telah berhasil belajar coding walaupun mereka tidak memilliki latar belakang IT.

2. Khan Academy

belajar coding
Hal yang menarik ketika belajar coding online di Khan Academy adalah Anda mendengar guru berbicara ketika mereka menulis kode, jadi terasa alami, seperti Anda duduk di kelas private dengan seseorang. Kursus nya juga dibuat simple dan sederhana, sehingga mudah untuk diikuti.

Terkadang, juga ada mini-kuis yang di ikuti dengan demo, sehingga membuat saya berpikir tentang hal-hal konseptual dan membantu saya memahami apa maksud dari kode yang saya buat.

 

3. Code Avengers

code_avengers

Belajar bahasa Programmer di Code Avengers akan menuntun kita melalui setiap proses yg sangat sederhana, langkah-demi-langkah,Petunjuk demi petunjuk dimulai dengan tugas-tugas kecil, saat Anda menonton apa yang terjadi di simulator ponsel Mini sebelah editor. Tugas yang diberikan untuk naik level juga tidak begitu sulit. Bahkan beberapa   hanya cukup copy – paste.

 

4. The Code Player

code-player

Sesuai namanya yang berarti pemutar kode dalam bahasa Indonesia, pada Code Player Anda bisa memutar presentasi yang menjelaskan bagaimana seseorang membangun sesuatu dari awal.

Setiap presentasi akan menampilkan kode dan hasil secara real time, sehingga Anda dapat mengetahui apa kode yang digunakan dan bagaimana hasilnya. Seperti player pada umumnya Anda bisa pause dan juga mempercepat presentasi. Ada beragam presentasi yang bisa Anda lihat di website ini, misalnya membuat kalkulator dengan menggunakan java script dan css3, hingga membuat form animasi menggunakan css3 & jquery.

 

5. Coder Mania

codermania
Saat ini Masih dalam tahap beta, CoderMania menjanjikan untuk menjadi panduan utama bagi para pengembang web. Menurut saya materinya juga mudah di ikuti dan menarik. Pelajaran yang ada, sejauh ini, mencakup JavaScript, HTML dan CSS.

 

6. HTML 5 Rock

html5-rock

Sesuai namanya website ini khusus membahas tentang web developer khususnya tentang teknologi HTML5 yang dipakai saat ini. Pada website ini terdapat tutorial, slide, dan resource yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam mengembangkan web.

Tutorialnya yang ada di website ini cukup beragam seperti tutorial membuat animasi, membuat gambar berkualitas tinggi, dan lainnya. Di bagian slide terdapat referensi ke presentasi-presentasi dari developer seperti presentasi dari Eric Bidelman tentang Polymer yaitu teknologi web component yang dapat memudahkan developer. Sedangkan untuk bagian resource terdapat sumber-sumber seperti referensi HTML5, dokumentasi, dan tools-tools yang digunakan developer.

 

7. Coursera

coursera

Rajanya kursus online, coursera menawarkan kelas gratis dari puluhan perguruan tinggi di seluruh negeri, dengan segelintir sehat coding kelas bagi mereka dengan keinginan untuk belajar.

 

8. Udacity

udacity
Udacity adalah sumber lain untuk jumpstart coding kognisi Anda. Anda dapat membayar untuk program mereka dipandu, yang meliputi pelatih pribadi untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan Anda dan menuntun Anda ke arah yang benar, atau isi bahan Courseware mereka pro bono.

Udacity menawarkan panduan yang kuat untuk banyak topik yang berbeda, dengan program serius canggih untuk segala sesuatu dari robotika untuk merancang teori dalam kehidupan sehari-hari.

Semua program yang dirangkum bahkan sebelum Anda mulai, menguraikan tingkat kesulitan, mengapa kursus adalah penting, setiap prasyarat untuk mengambil, dan proyek Anda akan menyelesaikan pada akhir. Ini berarti aku bisa dengan mudah memindai melalui dan memilih apa yang cocok saya terbaik.

 

9. Code Combat

code-combat

Sedikit berbeda dengan Codecademy yang mengajarkan kode melalui instruksi-instruksi, Code Combat mengajarkan coding dengan bermain game. Cara ini tentu saja sangat menyenangkan bagi Anda yang gemar bermain game.

Ada dua bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih yaitu JavaScript dan Python. Kedua bahasa ini cukup mirip satu sama lain dan sangat bagus untuk pemula mengingat deklarasi sintaknya cukup mudah dipahami. Setelah memilih bahasa pemrograman langkah selanjutnya adalah memilih game yang ingin Anda mainkan. Tersedia dua jenis game yang bisa dimainkan untuk pemula Anda bisa memilih game Campaign.

Sesuai dengan konsepnya, Anda akan bermain game yang telah disediakan. Namun, di tengah perjalanan karakter utama yang sedang Anda mainkan akan mengalami masalah dan disinilah Anda belajar coding. Anda harus membantu karakter utama dengan cara memodifikasi kode yang telah disediakan. Misalnya pada level pertama yaitu Rescue Mission, karakter Anda akan terhambat karena salah jalur. Tugas yang diberikan yaitu menghapus salah satu kode yang membuat karakter salah jalur dan secara otomatis kode akan dijalankan. Dalam satu permainan akan terdiri dari beberapa level yang harus dilewati dan memiliki kesulitan yang berbeda-beda.

 

10. Code.org

Khusus untuk Code.org anda bisa tonton langsung video pendeknya berikut ini, menampilkan Bill Gates, Mark Zuckerberg, will.i.am, Chris Bosh, Jack Dorsey, Tony Hsieh, Drew Houston, Gabe Newell, Ruchi Sanghvi, Elena Silenok, Vanessa Hurst, dan Hadi Partovi.

 

Demikian 10 website yang bisa gunakan sebagai acuan untuk belajar coding. Semoga website-website di atas dapat membantu Anda belajar coding dan menambah wawasan Anda tentang developer.

Punya rekomendasi website belajar coding lain? Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah

Suka dengan yang anda baca ?

Jika ya, silakan gabung bersama 31,000 orang lebih yang menerima email mingguan eksklusif tentang bisnis online, tips blogging dan dapatkan software GRATIS seharga $39 !

View all contributions by

I've been addicted working online, blogging & developing digital product since 2008! I also LOVE helping others succeed. Cause more money you make, the more money I made too - is that simple! Follow me on :

Leave a Comment

Copyright @2015 octarendra.com